Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Tipe kunci momen



Tipe kunci momen

Ada 2 type kunci momen yang populer di kalangan mekanik motor atau mobil, diantaranya :

  1. Tipe Bending Beam
Kunci momen dengan pointer (Penunjuk) angka jarum, satuan alat tersebut ada yang Nm atau foot pouns atau keduanya. Alat ini simple dan mudah digunakan. Kalibrasi tinggal memposisikan jarum ke posisi ” 0” bisa dengan tangan atau tang. Namun kelemahanya posisi bacanya harus seksama agar tidak salah baca, karena posisi baca ideal adalah tegak lurus dengan jarum, meskipun begitu jika sudah terbiasa bukan masalah.

kunci momen bending beam
gambar diambil dan dimodif dari www.popularmechanics.com

  1. Tipe Micrometer Clicker
Alat pro-grade ini bisa disetel terlebih dahulu menurut ukuran momen standar pengencangan (lihat buku manual kendaraan), misal sebuah baut standar pengencanganya 20 Nm, kemudian alat tersebut disetel di angka 20 Nm. Sehingga setelah dikencangan dan momen angka 20 Nm tersebut tercapai, aka nada bunyi klik dan otomatis prei pengencanganya setelah mencapai angka tersebut.
Kunci momen tipe ini juga handal dipakai berulang kali dan akurat, tapi harus dikembalikan ke angka 0 setiap selesai penggunaan. Meskipun begitu, agar kuallitas alat tetap terjaga hendaknya dikalibrasi secara teratur, apalagi saat mau digunakan untuk bagian-bagian yang vital seperti suspensi dan pengencangan bagian dalam mesin. Perlu diperhatikan juga, jangan gunakan kunci momen untuk pembongkaran baut, tapi efektifkan saja saat perakitan final untuk sekalian cek standar momen sebuah baut.
kunci momen micrometer clicker
 gambar diambil dan dimodif dari www.popularmechanics.com

 Artikel yang berhubungan :
Cara membaca kunci momen 
Kunci momen dan standar pengencangan baut

 
Terima kasih

Dadang Auto Champion