Gunakan kunci momen, agar aman dan sesuai standar!
Gunakan
kunci momen, agar aman dan sesuai standar!
Disiplin pengerjaan mesin, terutama standar pengencangan
setiap baut memiliki standar pengencangan yang berbeda-beda. Sehingga mekanik motor yang ingin
menjaga kualitas pekerjaanya, harus bisa menggunakan kunci momen dan bahkan itu
menjadi standar pekerjaanya. Pada prakteknya tidak semua pengencangan
menggunakan kunci momen, tapi untuk urusan pengencangan bagian yang vital
seperti kepala silinder yang 4 baut harus sama, jika tidak menggunakan kunci
momen bisa dipastikan hasil pengencanganya berbeda.
Berikut
ini semoga bisa membatu, standar pengencangan dari motor Honda vario (mewakili
matik), Honda tiger 2000 (mewakili motor sport) dan Supra (mewakili motor bebek).
Perhatian!, tiap jenis motor dan tipe memiliki kekencangan yang berbeda-beda. Pastikan
baca manualnya, atau jika awalnya motor sudah pengencangan standar,
kembalikan momen pengencangan sebagaimana kekencangan momen saat anda melepasnya seandainya anda tidak mau buka buku manual.
kekencangan baut kepala silinder standar honda vario
kekencangan baut kepala silinder standar Honda tiger 2000
kekencangan kepala kepala baut kepala silinder standar supra
Dadang Auto Champion