Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Yamaha Mio J Susah Hidup

Yamaha Mio J Susah Hidup

            Kasus motor ini sekilas simpel tapi susah, nyari penyakitnya butuh 2 hari?, Wah parah nih, ya begitulah pengalaman. Ini dialami oleh murid kita mas Budi dari bengkel semarang. Beliau mengalami masalah sejak awal dibawa ke situ yamaha Mio J tidak bisa hidup. Sudah beberapa pengecekan keadaan motor diantaranya :
  1. Sistem pengapian busi dan selainya Ok.
  2. Kompresi mesin juga OK, karena sempat ragu sampai dipastikan 2 x bongkar untuk memastikan tidak ada perubahan kompresi seker dan kondisi masih bagus ternyata.
  3. Bahan bakar juga dicek semprotan injectornya ada. Yaitu dengan cara melepas injektor dan di start ternyata mau nyemprot. Sekilas bensin gak masalah.
  4. Lampu MIL (Mal function Indicator Lamp)/ lampu indikator kerusakan untuk motor injeksi juga tidak nyala.
  5. Karena sekilas persyaratan menghidupkan mesin sudah dinyatakan oke, bahkan sudah tukar injector, busi dan ECU dengan motor sejenis yang normal, tapi belum ada perubahan.
Dari indikasi secara umum di atas, asumsinya motor bisa dihidupkan meski brebet atau ada problem sedikit, tapi kenyataanya belum bisa hidup sama sekali. Walau begitu ada petunjuk sedikit, jika dipancing bensin lewat intake, hidup sebentar brebet.
Sampai konsultasi ke saya byphone beberapa kali juga, akhirnya kecurigaan saya jatuh pada tekanan bahan bakar mungkin tidak ideal. Itu hanya bisa diukur dengan Fuel Pump Pressure Gauge (alat pengukur tekanan pompa bensin). Karena tidak ada alat tersebut, akhirnya cara membuktikan dengan menukar pompa bensin (fuelpump), kebetulan pas ada motor mio J yang bisa dipinjam untuk membuktikan, kemudian setelah pompanya ditukar, ternyata mesin/engine mau hidup. Akhirnya masalah ketemu, kemudian ganti fuel pump kurang lebih harganya 480 ribu dan masalah beres.

Pratinjau
fuelpump pressure gauge untuk mengetahui kondisi ideal pompa bensin

fuel pump injeksi

ganti fuel pum injection

Kesimpulan :
Mesin tidak mau hidup karena tekanan pompa bahan bakar kurang ideal. Itulah pentingnya kita punya alat yang memadai untuk cek sistem injeksi agar lebih efisien pengerjaanya.



Terima kasih


Dadang Auto Champion