Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Beat FI Mati Total


Honda Beat FI Mati Total

Problem

Honda Beat FI mati total.

Solusi

Langung perhatikan Langkah pengecekan:

  1. Cek Arus kontak
    Arus sudah masuk kontak, lanjut
  2. Kemudian, Cek Sekring putus atau tidak, juga cek ada arus atau tidak. Sekring ada 2, main sekring dan sub sekring,cek semua. Hasil pengecekan, main sekring(sekring utama) 15A aman dan ada arus, adapun sub sekring 10A aman tidak putus, tapi tidakada arus. Kecurigaan muncul dilangkah ini. Kenapa arus tidasampai ke sekring sub.
  3. Arus dari sekring sub 10A berasal dari relay power kaki 4, lanjut ke pengecekan relay. Coba ganti relay baru. Ternyata arus juga tidak keluar ke sekring. Lanjut ke cek Arus yg mengontrol relay/cek arus di soket relay. Arus dari aki dan arus dari kunci kontak sudah masuk semua. Artinya tinggal massa relay yang blm ada. Massa relay di kirim dr ECU utk mengaktifkan relay.
  4. Lanjut langkah berikutnya, pengecekan ECU. Arus 12 Volt yang ke ECU sudah masuk dari kunci kontak. Sinyal massa yang dikirim dari ECU ke relay ternyata tidak keluar. Kita coba jumper langsung massa relay ke body tanpa melalui ECU ternyata jugatidak bisa. Diagnosa kerusakan sudah mendekati kejelasan bahwa ECU rusak. Kita beli ECU baru, kita coba dan ternyata Alhamdulillah Motor sudah bisa hidup.
Detail langkah dengan Video :
tanda ecm mati

rangkaian kelistrikan motor injeksi

tanda ecu motor rusak

cek kerusakan ecu injeksi

merunut kelistrikan motor injeksi

kursus kelistrikan motor injeksi


Referensi
Kasus bengkel motor injeksi Klaten yang masuk ke redaksi Auto Champion dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion Training centre

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor injeksi Jogja