Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TRIK MENCARI KERUSAKAN MESIN SEPEDA MOTOR

TRIK MENCARI KERUSAKAN MESIN SEPEDA MOTOR


Mengetahui kerusakan mesin dengan tepat dan cepat termasuk bagian dari kemampuan seorang mekanik motor yang sangat penting. Bahkan hal tersebut termasuk indikator kualitas mekanik tersebut.
Penting untuk diketahui bahwa untuk menganalisa mesin ada beberapa metode yang bisa diterapkan :
  1. Menganalisa getaran mesin
  2. Menganalisa suara mesin
  3. Menganalisa keluhan yang terjadi pada mesin
  4. Menganalisa performa mesin.
Termasuk metode yang sederhana dan mudah namun sangat bermanfaat adalah metode ride and feel yaitu kendarai dan rasakan. Namun ini memang berkaitan dengan kepekaan seseorang akan tetapi semakin terbiasa akan semakin terlatih.
Sebagai contoh kerusakan yang terjadi pada pen seker dan kerusakan pada dudukan laker kruk as atau laker bandul, keduanya memiliki suara yang sama yaitu tek tek tek, dan suara tersebut dominan dan menonjol ketika mesin angkatan awal mau berjalan. Namun dari sisi getaran yang dirasakan berbeda, kerusakan pada dudukan laker bandul biasanya disertai kerusakan pada laker bandul pula, sehingga getaran lebih besar, dan dari luar getaran akan terasa sampai postep dan kaki kita, sehingga kaki juga cepat pegal karena terkena getaran pula, efek lainya pengapian bisa brebet mesinya, karena bisa berpengaruh pada jarak pulser bila getarannya semakin parah. Adapun getaran karena rusaknya pen seker tidak sebesar itu levelnya. Tentunya keduanya harus segera diatasi agar kerusakan tidak merembet.









ket gambar: sebelah kiri gambar dudukan laker kruk as sebelah kanan gambar pen seker
 
Kerusakan yang terjadi pada dudukan laker bandul bisa diatasi dengan mengganti blok krank case 2 sisi sekaligus, sebagai contoh harga untuk 1 sisi milik motor shogun 125 harganya kurang lebih 350.000. namun ada perbaikan yang murah, bawa saja dudukan yang kocak tersebut ke tukang bubut 80an ribu beres meski keawetanya tidak sebagaimana yang beli baru. Adapun kerusakan kocaknya pen seker, cukup ganti pen sekernya.

Terkait teknologi sepeda motor injeksi, sekarang ada alat (Klik)HIDS (Honda Injection Diagnostic System) atau alat pendiagnosa kerusakan injeksi motor honda dan (klik) FIDT (Fuel Injection Diagnostic Tool) atau alat pendiagnosa kerusakan injeksi motor Yamaha


Jika ingin tips dan trik mekanik motor terapan DIY (Do It Yourself) alias kamu juga bisa kerjakan sendiri (klik disini)
.
Adapun jika ingin lebih expert lagi (klik disini)

Eh sebentar, masih ada lho yang bisa belajar jarak jauh (klik disini) 

Terima kasih

 
Dadang
Auto Champion