KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis motor, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi motor, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas kursus mekanik lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Center (Google Map/Arah dipandu Google Map) yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

"UNGGUL DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TINGGI (HITECH) DIANTARANYA SCANNER INJEKSI MOTOR ALL BRAND (SCANNTOOL MENDUNIA)" (KLIK SINI)

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

  1. Testimoni (komentar) tentang kursus
  2. Brosur kursus mekanik motor klik disini
  3. Brosur Pelatihan Scanner Moge, Scann Bisa All Brand (Semua Merek)
  4. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja
  5. Objek Training
  6. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling), overhaul Mio J harga promo dan mudah dipesan)
  7. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)
  8. Transportasi menuju Jogja atau (Otomatis dipandu Google Map)
  9. Foto bengkel alumni
  10. Bursa Kerja Auto Champion
  11. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda dan Motor yamaha
  12. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :

  1. Sistem belajar jarak jauh bagi yang sibuk atau belum bisa datang langsung.
  2. Unggul dengan scanner injeksi Hitech (brand Mendunia) dan Update Teknologi.
  3. Nara sumber di lembaga kapal pesiar LP2K Sun Marino Indonesia, Materi "Kewirausahaan Tentang Mekanik Motor" 19 Maret 2016
  4. Juara Lomba instruktur otomotif dalam rangka Jambore PTK PNF Tingkat Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2014
  5. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur2013.
  6. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009
  7. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
  8. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  9. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
  10. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009.
  11. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
  12. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
  13. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
  14. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
  15. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
  16. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja) hanya 1x tayang.
  17. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
  18. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!.

Terakhir, Semoga upaya ini termasuk Penyebaran ilmu yang semoga bermanfaat dimanapun kita berada!.

wassalamualaikum

Official dan direktur auto champion

( Dadang )

2 April 2014

Motor matik berasap, tata ulang ring seker!


Motor matik berasap, tata ulang ring seker!

Problem       
Motor matik Suzuki spin mengalami masalah knalpotnya berasap terutama di saat awal penyalaan. Berasapnya pagi hari ataupun saat motor didiamkan dan dinyalakan lagi. Tapi saat kondisi panas tidak ada asap di knalpot.
Solusi
Untuk memastikan kita harus bongkar silinder head dan blok silinder, karena penyebabnya ada oli terbakar di ruang bakar. Kita harus mengecek langsung mana bagian yang membuat oli masuk keruang bakar dan terbakar. Setelah dibongkar ternyata kondisi ring sekernya terutama ring olinya, jarak gap/celahnya terlalu dekat, ini memungkinkan karena saat kondisi motor jalan semua bisa terjadi. Sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar karena jarak antar gab/celah ring oli yang terlalu dekat.

yang dilingkari merah adalah celah ring seker (ring oli) terlalu dekat jaraknya
 
Setelah tahu sebab kerusakanya (knalpot berasap) karena gab/ celah antar ring seker tidak ideal atau terlalu dekat, kita tata kembali ring sekernya sesuai dengan standar Suzuki. Jika ring seker sudah disusun ideal, tinggal cek dibloknya apakah sudah rapat atau belum. Teknik pengerjaanya sudah kita ulas di cara menyusun ring seker (mirip dengan nyusun motor shogun) dan cara mengecek kebocoran ring seker sebelum motor dihidupkan. Walau beda motor caranya hampir sama, dan patokan menyusun ring seker untuk motor Suzuki juga ada disitu. Jika belum jelas ini di motor suzuki spin aslinya langsung dibawah ini.


mengecek kerapatan seker dan ring seker
Lumuri seker dengan oli sebelum masuk total ke blok silinder!

seker, ring seker dan silinder blok rapat
 setelah seker dilumuri oli, pepetkan blok silinder dan putar-putar seker dengan cara seperti itu

seker, ring seker dan silinder blok rapat
setelah itu pastikan bersih ruang silinder dengan jari, tidak boleh ada oli merembes di bagian ini, jika ingin lebih yakin silakan dijilat, harus bersih dari oli, jika pada pengecekan ini ada kebocoran, jangan dipasang, gantilah seker, ring seker dan blok silinder 1 set. jika rapat langsung rakit berarti masih bisa dipake.

            Setelah ditata ring sekernya secara ideal sesuai standar Suzuki, dan dicek kerapatanya (dalam kondisi motor belum dihidupkan), ternyata bisa rapat. Kemudian langsung dirakit dan dihidupkan ternyata sudah tidak berasap lagi dan beres. Kita berani nata ulang seker dan langsung kita pasang lagi karena kondisi silinder blok, serker dan ring seker masih layak pakai, selain itu pengecekan kerapatan saat motor belum hidup juga masih bagus. Jika sudah tidak layak pakai ya harus ganti total 1 paket blok silinder,seker dan ring seker, karena blok silindernya tipe scem, jika di overzise terlalu keras materialnya dan memang tidak dianjurkan dioversize dang ganti 1 paket motor jadi standar lagi tanpa oversize.

blok silinder tipe scem 
Blok silinder tipe scem, ada tulisanya disitu, tidak perlu dibubut, rusak langsung ganti satu paket ring seker, seker dan blok silindernya sekaligus.


Terima kasih

Dadang Auto Champion