Managemen bengkel motor
Managemen bengkel motor
Ilmu managemen bengkel motor jika digali secara mendalam
sangatlah luas. Tapi ada beberapa point penting yang perlu di catat agar
manajemen bengkel motor tersosialisi dengan baik untuk kebaikan Bersama dan kenyamatan
konsumen. Bukan hanya kenyamanan konsumen tapi kenyamanan Bersama baik itu
owner, karyawan dan keluarga mereka. Ini beberapa point penting manajemen
bengkel motor
1.
Managemen hubungan pelanggan atau CRM (Customer
Relationship Management). Untuk Gambaran sederhananya sebenarnya sudah
diterapkan oleh orang orang dulu, yaitu menjadikan hubungan dengan konsumen
bukan sekedar hubungan jual beli semata tapi lebih dari itu yaitu jadi seperti
saudara, agent marketing yang akan merekomendasikan kita, pelanggan setia,
intinya hubungan yang menguntungkan bisnis kita. Kini peran menghubungi
konsumen lebih sistematis lagi karena Sudah ada software dan sistemnya yang
bisa langsung terintegrasi ke berbagai media komunikasi entah itu wa, sosial
media atau komunitas yang relevan.
2.
SOP atau Standar Operasional Prosedur, ini lebih
ke teknis pelayanan jasanya dan alurnya. Agar kerja effisien, cepat dan
pelanggan bisa mendapatkan pelayanan terbaiknya. Selain sudah menjadi budaya
kerja sebuah usaha, kini juga ada software yang membantu semuanya lebih
termanajemen dengan baik juga.
3.
Manajemen Financial. Ini termasuk manajemen yang
penting juga. Jangan sampai tidak transparan dan kurang akurat dalam
pencatatannya. Karena akan melemahkan usaha jika manajemen finansialnya
amburadul. Selain software atau pencatatan manual pastikan bagian yang
menangani ini orang yang Amanah agar bengkel tidak rugi. Factor human sangat berperan
sekali. Diantara cakupannya Adalah menghandel transaksi, sistem penggajian, alokasi
dan pos pos keuangan dan lain sebagainya
4.
Integrasi atau penggabugan semua elemen ke 1
unit yang funsional. Misal pemantauan bisa dilakukan menyeluruh meliputi CRM, Toko
part bengkel, Karyawan,SOP, dan lain sebagainya menjadi 1 kesatuan yang harmoni
kinerjanya.
5.
Inventori managemen. Ini masuk manajement stok,
real time stok, pemasukan dan pengeluaran maupun pemesanan barang baru masuk di
dalamnya. Jangan berpikir ini hanya di Perusahaan besar, bengkel motor yang
sudah banyak karyawan perlu menerapkan ini walaupun tanpa software bengkel
motor dan masih bentuk sederhana.
6.
Marketing manajemen. Pemasaran yang rapi baik
itu secara offline maupun online sangat perlu dilakukan. Untuk penanganan
pemasaran online sudah menyasar kemampuan digital marketing karena pasar online
sekarang bisa dikatakan lebih terjangkau dan luas, mengingat sekarang tiap
orang pegang hp. Jadi pemasaran lewat media sosial dan berbagai platform sangat
dibutuhkan dikelola dengan baik bukan asal jalan atau bisa share. Ada orang2
yang ahli di bidang ini yang disiapan secara khusus.
7.
Manajemen security. Ini kadang malah sering
diabaikan. Sehingga informasi sensitive sebuah usaha, hacker,orang yang ingin
merusak dari dalam maupun dari luar bisa diantisipasi, ini mencakup keamanan usaha
secara online dan offline. Antisipasi juga pembajakan karyawan potensial dan
vital dari pesaing atau orang yang memiliki niat jelek terhadap usaha kita.
8.
Manajemen Scale up. Jika sebuah usaha ingin
besar pasti ingin bisa skale up, entah dengan membesarkan usaha, buka cabang,
perluas jaringan servis dan konsumennya. Tapi harus terukur, karena ada yang
melakukan scale up justru jadi bumerang karena kemampuan dari tim dan manajemen
Perusahaan belum siap, bukannya bisa scaleup malah jadi awal kehancuran sebuah
bisnis tim dan perangkatnya.
9.
Manajemen peralatan. Selain karwayan punya skill
mumpuni imbangi dengan peralatan yang terkini dan effisien. Monitor para competitor
agar bisa berusaha menggungguli pesaing sehingga pelayanan lebih maksimal. Tetap
lakukan persaingan sehat dan santun. Ingat competitor bukan musuh, bahkan bisa
jadi partner. Rejeki sudah ada yang atur.
https://Kursusmekanikonline.com
Dadang
Auto Champion
Posting Komentar untuk " Managemen bengkel motor"