Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP, Sensor Hall dan Spull Set , Tapi Kode 52 Tetap Muncul

 Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP, Sensor Hall dan Spull Set , Tapi Kode 52 Tetap   Muncul


Problem 

Honda Vario 110 esp sering muncul kode MIL 52. Menunjukkan kerusakan pada CKP. Selain itu problem dirasakan di performa motor adalah motor berat dan terasa loyo. Tapi distarter elektrik masih lancar.

Solusi

Uniknya setelah diganti CKP, sensor hal dan spull yang semua itu harus 1 set (karena orisinil dan harga lumayan mahal 690.000), problem MIL 52 belum hilang. Padahal sudah beli partnya. Anehnya justru pas dibelikan sensor CKP 1 set, atau nama lainnya starter comp, malah total tidak bisa nyala, dan distarter juga tidak bisa. Selain itu kode 52 muncul terus.

Usaha selanjutnya…………….

Akhirnya dilakukan perunutan kabel antara ECU ke CKP. Ternyata memang ada kabel yang bermasalah, kadang nyambung kadang tidak. Sebenarnya nyambung tapi ada yang terpotong dan tinggal beberapa helai. Kabel tersebut berwarna putih strip merah yang ke ECU. Akhirnya dipotong sekalian dan disambung dengan soldir agar kuat. Setelah dicoba lancar dan performa bagus.


Catatan ;

  1. Pastikan rangkaian dengan detail sebelum penggantian part. Yang agak merepotkan memang ketika rangkaian putus nyambung seperti tadi.

  2. Nama lain set spull vario yang meliputi CKP, sensor hal dan spull, adalah Starter Comp

  3. Kondisi CKP part awal disinyalir memang sudah lemah juga.


Referensi

Kasus bengkel motor injeksi Murid kami di Sleman Yogyakarta yang masuk konsultasi ke Auto Champion dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion Training centre


Dadang Auto Champion

Kursus mekanik injeksi Jogja

Posting Komentar untuk " Vario 110 Esp Kode 52 Ganti CKP, Sensor Hall dan Spull Set , Tapi Kode 52 Tetap Muncul"