Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Suara Mesin Motor Saat Rusak Bearing Noken As Pada Motor Beat FI

 Suara Mesin Motor Saat Rusak Bearing Noken As Pada Motor Beat FI



Problem

Suara mesin Honda Beat FI Kasar. Kedengaranya seperti menyeluruh baik mesin maupun CVTnya

Solusi

Kerusakan di bagian bearing noken as pada motor matik membutuhkan ketelitian dalam menganalisa kerusakannya. Karena akan membuat kita terkecoh. Suaranya sangat kasar terdengar di bagian mesin bawah. Bagian atas atau head silinder malah tidak terdengar kasar. Sehingga membuat kita berpikir kerusakan ada di bagian CVT atau stang seker yang aus.

Sempat Salah analisa suara mesin dan perbaikannya

Mekanik sempat ganti laker blok CVT dan laker pully CVT. Gear box hanya dicek karena tidak ada masalah. Tapi hasilnya tetap kasar.

Analisa suara mesin motor ketemu saat pembongkaran awal.

Langkah analisa selanjutnya kita hidup kan mesin tanpa CVT. Ternyata sumber suara ada di mesin. Sehingga diputuskan turun mesin dan pisahkan rangka dari mesin. Pengecekan diawali dari bagian head silinder. Alhamdulillah ketika melepas gigi timing kamrat, noken as terasa goyang. Dan ternyata bearing atau lakernya yang besar kocak parah dan aus. Sehingga pengecekan lainya tidak dilanjutkan karena sudah menemui titik terang kerusakan. Mekanik mengganti bearing nomor 6904 noken as, kemudian rakit kembali Alhamdulillah setelah dicoba suara halus.

Referensi

Kasus bengkel motor injeksi Murid kami di Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto Champion dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion Training centre


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik otomotif Motor injeksi Jogja

Posting Komentar untuk " Suara Mesin Motor Saat Rusak Bearing Noken As Pada Motor Beat FI"