Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Sebab Turun Mesin Tidak Sukses


Sebab Turun Mesin Tidak Sukses
turun mesin tidak sukses
ilustrasi gambar dari sumber yang di watermark


Problem
Honda New Sonic led habis turun mesin karena kehabisan oli. Pengerjaannya di bengkel lain. Tapi tidak sukses overhaul atau turun mesinnya, sehingga mesin tetap kasar.
Solusi
Motor akhirnya dibengkelkan ke kawan saya ini. Setelah dimintai keterangan dari pemiliknya kemudian dipersiksa kondisi mesinnya. Ternyata suara kasarnya di bagian silinder head. Kemudian dibongkar oleh mekanik bagian silinder headnya. Ternyata setelah dibongkar dan diamati ternyata noken asnya, baik in maupun ex, longkar dengan capnya atau dudukannya karena keausan. Kemudian dicoba bawa ke bengkel bubut untuk melakukan perbaikan dan konsultasi. Dari bengkel bubut satu ke bengkel bubut lainnya ternyata tidak sanggup (keliling Sidoarjo dan Surabaya). Ada yang sanggup biaya 500 ribu dengan diberi bearing, tapi tidak menjamin sukses.
Usaha berikutnya ………
Tanya ke pasar loak, satu unit cylinder head komplit dengan isinya harga 2 jutaan, tanya ke dealer harga 3,5 juta. Pemilik motor diberi kabar seperti itu ternyata dananya mepet. Sempat putus asa agar dikembalikan dengan kondisi seadanya. Melihat kondisi pelanggan tersebut mekanik iba. Akhirnya menemukan solusi, noken asnya dipoles dengan kertas gosok untuk menghilangkan permukaan kasar dan tajam. Kemudian ketinggian capnya kita skrap dengan kertas gosok yang dilem di permukaan kaca.
Ada kendala………..
Setelah kedua langkah dilakukan, kita set antara noken as dan capnya ternyata agak seret putarannya. Akhirnya kita beri pasta sekur yang halus permukaan yang bergesekan antara noken as dan capnya, dengan cara diputar-putar dengan tangan. Setalah dirasa cukup dibersihkan permukaan cap dan noken asnya dari pasta sekur. Dan dicoba putar-putar lagi dengan tangan, ternyata putarannya ringan da sedikit mamel. Kemudian dicoba diungkit sedikit dengan obeng (-) untuk uji kekocakan, ternyata tidak kocak. Kemudian dirakit dan dicoba hasilnya maksimal dan mesin halus.

Referensi
Kasus bengkel motor injeksi Sidoarjo Jawa timur yang masuk ke redaksi Auto Champion dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion Training centre

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor injeksi Jogja