Cara Melepas Baut Keras Bawaan Pabrik
Cara
Melepas Baut Keras Bawaan Pabrik
Melepas
baut yang susah atau keras, sebenarnya banyak cara, tapi kita
masukkan cara ini termasuk cara yang praktis dan teruji untuk melepas
baut yang susah dilepas. Terlebih motor tersebut belum pernah
dibongkar sejak barunya dari pabrikan.
Contohnya
adalah pelepasan baut Cakram pada sistem rem cakram.
Ada
beberapa faktor yang menyebabkan baut susah dilepas diantaranyan :
-
Baut Cakram dari pabrikan memang dipasang disertai lem baut. Terkait lem baut, buka artikel. Lem Baut Wajib Ada Di Bengkel Motor”
-
Komponen masih presisi dan kuat serta moment pengencangan standar pabrik karena belum dibuka sebelumnya.
-
Bisa jadi sudah ada karat jika umur motor sudah udzur, atau baru tapi kurang terawat, adapun baru tapi kurang terawat masalahna bisa dobel karena harus mengatasi kerasnya lem baut dan butuh cairan anti karat.
Adapun
langkah untuuk melepas baut yang susah, simpel ternyata. Ini diantara
salah satu cara. Yaitu baut dipukul-pukul terlebih dahulu dengan palu, agar lem
bautnya mulai rontok, kemudian dicoba seperti biasa mengendori baut
biasanya. Jika belum berhasil gunakan cairan khusus untuk menangani
baut susah.
Referensi :
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)