Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Melepas Baut Keras Bawaan Pabrik

Cara Melepas Baut Keras Bawaan Pabrik

Melepas baut yang susah atau keras, sebenarnya banyak cara, tapi kita masukkan cara ini termasuk cara yang praktis dan teruji untuk melepas baut yang susah dilepas. Terlebih motor tersebut belum pernah dibongkar sejak barunya dari pabrikan.
Contohnya adalah pelepasan baut Cakram pada sistem rem cakram.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan baut susah dilepas diantaranyan :
  1. Baut Cakram dari pabrikan memang dipasang disertai lem baut. Terkait lem baut, buka artikel. Lem Baut Wajib Ada Di Bengkel Motor
  2. Komponen masih presisi dan kuat serta moment pengencangan standar pabrik karena belum dibuka sebelumnya.
  3. Bisa jadi sudah ada karat jika umur motor sudah udzur, atau baru tapi kurang terawat, adapun baru tapi kurang terawat masalahna bisa dobel karena harus mengatasi kerasnya lem baut dan butuh cairan anti karat.
Adapun langkah untuuk melepas baut yang susah, simpel ternyata. Ini diantara salah satu cara. Yaitu baut dipukul-pukul terlebih dahulu dengan palu, agar lem bautnya mulai rontok, kemudian dicoba seperti biasa mengendori baut biasanya. Jika belum berhasil gunakan cairan khusus untuk menangani baut susah.


melepas baut susah


Referensi :

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)