Lem Baut Wajib Ada Di Bengkel Motor
Lem
Baut Wajib Ada Di Bengkel Motor
Barang
yang wajib ada di bengkel motor diantaranya adalah lem baut. Ini
terinspirasi dari kasus yang dialami oleh teman saya sendiri mas
Aziz, mekanik sekaligus pemilik bengkel WD motor garage. Dia dapat
kasus kerusakan motor yaitu baut kopling satu arah atau cluct one way
lepas, sehingga menyebabkan spull terkoyak dan pada putus kawat
spullnya. Jika sebelum baut dipasang dikasih lem baut dulu, kasus
seperti itu bisa dihindarkan dan diantisipasi.
sumber gambar wdmotorgarage
sumber gambar wdmotorgarage
sumber gambar wdmotorgarage
Fungsi
lem baut tersebut diantaranya :
-
Mengisi celah di ulir agar tidak mudah getar atau tahan getar.
-
Menjaga area ulir baut tidak mudah karat.
-
Berfungsi perekat baut dan mediumnya.
-
Intinya semua itu adalah agar baut tidak gampang lepas seperti kasus di atas.
Adapun
area yang biasa di kasih lem baut agar tidak lepas di sepeda motor
diantaranya : baut clutch one way, baut cakram menurut Aziz WD motor
garage, adapun menurut mekanik Suzuki yang saya kenal, meliputi, baut
spull, baut baut sok beker belakang, dan tentunya ada yang lain
menyesuaikan, bahkan baut plat nomor agar tidak mudah lepas juga
dikasih lem baut ini.
Jenis lem baut berdasarkan warna. sumber wikipedia
Pengalaman pribadi saya belum pernah terjadi seperti kasus di atas meski tidak pakai lem baut. tapi atasi berbagai kemungkinan dengan sedia lem baut tersebut tentu saja lebih baik.
Referensi
:
Wikipedia
Iklan
lem baut seperti yang saya tampilkan di gambar
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)