Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lem Baut Wajib Ada Di Bengkel Motor

Lem Baut Wajib Ada Di Bengkel Motor

lem baut pada bengkel motor

Barang yang wajib ada di bengkel motor diantaranya adalah lem baut. Ini terinspirasi dari kasus yang dialami oleh teman saya sendiri mas Aziz, mekanik sekaligus pemilik bengkel WD motor garage. Dia dapat kasus kerusakan motor yaitu baut kopling satu arah atau cluct one way lepas, sehingga menyebabkan spull terkoyak dan pada putus kawat spullnya. Jika sebelum baut dipasang dikasih lem baut dulu, kasus seperti itu bisa dihindarkan dan diantisipasi.
sumber gambar wdmotorgarage

sumber gambar wdmotorgarage


lem baut loctite
sumber gambar wdmotorgarage

Fungsi lem baut tersebut diantaranya :
  1. Mengisi celah di ulir agar tidak mudah getar atau tahan getar.
  2. Menjaga area ulir baut tidak mudah karat.
  3. Berfungsi perekat baut dan mediumnya.
  4. Intinya semua itu adalah agar baut tidak gampang lepas seperti kasus di atas.
Adapun area yang biasa di kasih lem baut agar tidak lepas di sepeda motor diantaranya : baut clutch one way, baut cakram menurut Aziz WD motor garage, adapun menurut mekanik Suzuki yang saya kenal, meliputi, baut spull, baut baut sok beker belakang, dan tentunya ada yang lain menyesuaikan, bahkan baut plat nomor agar tidak mudah lepas juga dikasih lem baut ini.
jenis lem baut berdasarkan warna
Jenis lem baut berdasarkan warna. sumber wikipedia

Pengalaman pribadi saya belum pernah terjadi seperti kasus di atas meski tidak pakai lem baut. tapi atasi berbagai kemungkinan dengan sedia lem baut tersebut tentu saja lebih baik.

Referensi :
Wikipedia
Iklan lem baut seperti yang saya tampilkan di gambar

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)