Honda Supra Helm-in Injeksi Susah Hidup
Problem
Motor
Honda supra Helm in FI (Fuel Injection) dengan keluhan susah
dihidupkan. Terkadang mudah dihidupkan tapi kebanyakannya susah
hidup. Discann tidak kelihatan kode kerusakan injeksi.
Solusi
Mekanik
membuka cover bodinya. Kemudian dicek satu persatu (dengan catatan
mesin harus distart pada saat pengecekan arus, baik di kick stater
atau elektrik starter), mulai dari busi yang tidak memercikkan api,
kabel busi juga tidak ada api. Pengecekan berlanjut ke koil
pengapian. Kabel koil ada 2, yang satu dari 12 kunci kontak ada
arusnya. Untuk pengetesan berikutnya, kabel negatif koil, caranya,
tepen yang satu ditancapkan ke (+) aki, dan yang satu dicolokin di
sekun koil (-) tidak perlu lepas cop cukup di colok sekunnya, pada
pengetesan ini mesin harus di starter, dan tespen atau teslamp harus
berkedip, kalo tidak berati masa (-) dari ECU belum ada. Pengetesan
dengan tespen DC tidak terdapat masa saat diengkol, kesimpulan
pertama massa ECU bermasalah.
Pengecekan
CKP. Kabel tespen DC LED yang satu ditancapkan ke (+) aki, dan
satunya kita tekan ke masing-masing kabel CKP secara bergantian. Pada
posisi kabel CKP yang berwarna putih (-) lampu tespen menyala terus
tanpa berkedip meskipun tanpa distarter baik elektrik maupun
diengkol, karena mendapat massa (-) standby dari ECU. Sedangkan kalau
kabel testlamp dicolokin ke kabel biru tespen akan mati karena kabel
biru adalah kabel arus (+) dari CKP. Tapi kalau tespen dipindah
posisi satunya ke (-)aki lalu satunya kita colokin ke kabel biru CKP
akan berkedip pada saat distarter baik elektrik ataupun engkol.
Karena hasil CKP normal akhirnya dirakit lagi dan dicoba bisa hidup.
Tapi masalah kumat lagi. Saat mesin tidak mau distarter dicek kabel
(-) CKP ternyata tidak ada masanya. Berarti CKP putus nyambung.
Langsung ganti CKP beres.
Saat
belanja part ternyata CKP orisinil tidak ada. Ada saran dari toko
part, urusan spare part CKP bisa subtitusi part dengan pulser punya
Kharisma/supra 125 karbu sama saja. Setelah mekanik pasang mesin
langsung start dan langsung nyala.
Referensi
:
Kasus
kerusakan bengkel motor injeksi Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke
redaksi Auto Champion Training Centre dan sudah di screening
instruktur ahli Auto Champion.
Ingin Cara yang lebih praktis? buka Cara Mengecek Pengapian Injeksi.
Ingin Cara yang lebih praktis? buka Cara Mengecek Pengapian Injeksi.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)