Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Honda Supra Helm-in Injeksi Susah Hidup

Honda Supra Helm-in Injeksi Susah Hidup
rangkaian pengapian injeksi supra
Skema Pengapian Injeksi Supra Helm-in
Problem
Motor Honda supra Helm in FI (Fuel Injection) dengan keluhan susah dihidupkan. Terkadang mudah dihidupkan tapi kebanyakannya susah hidup. Discann tidak kelihatan kode kerusakan injeksi.
Solusi
Mekanik membuka cover bodinya. Kemudian dicek satu persatu (dengan catatan mesin harus distart pada saat pengecekan arus, baik di kick stater atau elektrik starter), mulai dari busi yang tidak memercikkan api, kabel busi juga tidak ada api. Pengecekan berlanjut ke koil pengapian. Kabel koil ada 2, yang satu dari 12 kunci kontak ada arusnya. Untuk pengetesan berikutnya, kabel negatif koil, caranya, tepen yang satu ditancapkan ke (+) aki, dan yang satu dicolokin di sekun koil (-) tidak perlu lepas cop cukup di colok sekunnya, pada pengetesan ini mesin harus di starter, dan tespen atau teslamp harus berkedip, kalo tidak berati masa (-) dari ECU belum ada. Pengetesan dengan tespen DC tidak terdapat masa saat diengkol, kesimpulan pertama massa ECU bermasalah.
Pengecekan CKP. Kabel tespen DC LED yang satu ditancapkan ke (+) aki, dan satunya kita tekan ke masing-masing kabel CKP secara bergantian. Pada posisi kabel CKP yang berwarna putih (-) lampu tespen menyala terus tanpa berkedip meskipun tanpa distarter baik elektrik maupun diengkol, karena mendapat massa (-) standby dari ECU. Sedangkan kalau kabel testlamp dicolokin ke kabel biru tespen akan mati karena kabel biru adalah kabel arus (+) dari CKP. Tapi kalau tespen dipindah posisi satunya ke (-)aki lalu satunya kita colokin ke kabel biru CKP akan berkedip pada saat distarter baik elektrik ataupun engkol. Karena hasil CKP normal akhirnya dirakit lagi dan dicoba bisa hidup. Tapi masalah kumat lagi. Saat mesin tidak mau distarter dicek kabel (-) CKP ternyata tidak ada masanya. Berarti CKP putus nyambung. Langsung ganti CKP beres.
Saat belanja part ternyata CKP orisinil tidak ada. Ada saran dari toko part, urusan spare part CKP bisa subtitusi part dengan pulser punya Kharisma/supra 125 karbu sama saja. Setelah mekanik pasang mesin langsung start dan langsung nyala.
Referensi :
Kasus kerusakan bengkel motor injeksi Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto Champion Training Centre dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion.

Ingin Cara yang lebih praktis? buka Cara Mengecek Pengapian Injeksi.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)