Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengecek Pengapian Injeksi

Cara Mengecek Pengapian Injeksi

Masih berkaitan dengan artikel saya tentang Honda Supra Helm in FI (FuelInjeksi) yang susah dihidupkan. Disitu ada beberapa riview tentang kelemahan mengecek pengapian motor injeksi, atau kelistrikan injeksi hanya bermodal tespen dc atau testlamp dan scanner lama. Ini komentar tim kami agar kerja lebih efektif.
  1. Tinggal dilihat discanner injeksi, kalau saat dikick starter CKP gerak, maka CKP aman dan sambungannya sampai ke ECU. Kabel koil ada 2, yang arah ECU kalau dikasih testlamp saat kick bolam tidak berkedip berarti ECU rusak, kalau kedip, koil yang rusak.
  2. Negatif dari ECU akan keluar jika dapat sinyal dari CKP.
  3. Untuk cek CKP disarankan pakai multitester berkualitas seperti ini “Multimeter digital berkelas” agar bisa ukur sensor lemah. Kalau hanya testlamp atau tespen dc tidak bisa ukur itu, apalagi masih gunakan scanner tipe lama.
  4. Terkait subtitusi CKP dengan pulser Honda karisma. Rata rata tahanan motor bebek honda terkait sensor tersebut sama, kita pandang tidak masalah asal tahanan sama.
  5. Perlu diperhatikan!. Mengecek CKP atau pulser itu bukan hanya di engkol keluar arus. Tapi nilai tahanan detail lebih penting diperhatikan. Agar tahu sensor itu lemah, atau putus nyambung dengan ukuran akurat.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)