Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Kunci Impact


Cara Menggunakan Kunci Impact
cara menggunakan impact wrench

Kunci impact atau impact wrenches sangat penting untuk efesiennya kerja di bengkel motor. Melalui artikel ini saya ingin gambarkan sekilas dulu terkait cara menggunakan kunci impact atau impact wrench.
Kunci impact ada dua sumber tenaga, yang pertama kunci impact tenaga angin dari kompresor, dan kedua kunci impact dengan tenaga listrik. Adapun pembahasan kita kunci impact dengan tenaga Angin.
Ini beberapa point tentang cara penggunaan kunci impact atau impact wrench ;
  1. Stel tekanan kompresor sesuai manual, dari referensi yang saya baca ada yang disetel 686kPa (7kg/cm persegi)
  2. Cek alat dan lumasi dengan oli alat udara atau air tool oil
  3. Atur arah putaran kunci impact terlebih dahulu.
  4. Disarankan lepas mur tidak pakai kunci impact karena ada resiko mur terlempar. Atau kalau seandainya mau lepas mur dengan kunci impact usahakan awal lepasnya saja selanjutnya lepas dengan tangan atau kunci biasa agar tidak terbang.
  5. Selalu pasang baut atau mur dengan tangan terlebih dahulu beberap ulir kemudian baru di teruskan dengan cepat dengan kunci impact. Jangan terlalu kencang dulu dengan kunci impact, karena pengencangan terakhir disarankan dengan kunci moment.
  6. Gunakan dengan kedua tangan agar imbang, presisi dan tidak oleng. Selain itu tidak merusak baut dan alat impact.
Itu sekedar tulisan singkat karena referensi terbatas, semoga bisa dilanjutkan dengan artikel selanjutnya terkait perawatan kunci impact, prosedur penggunaan kunci impact, perbaikan kunci impact dan artikel pendukung lainnya yang semoga membantu.
Referensi :

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)