Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Yamaha Xeon RC Tidak Mau Hidup


Yamaha Xeon RC Tidak Mau Hidup

Problem
Motor yamaha Xeon RC masuk dengan keluhan bisa distarter tapi tidak mau hidup. Lampu MIL Menyala. Sudah ke bengkel lain suruh ganti ECU, kemudian pindah di bengkel mas milik mas Yudi Sidoarjo, Pemilik bengkel sekaligus Mekaniknya langsung.
Solusi
Mekanik (mas Yudi) tanya ke pelanggan, dasarnya apa langsung menyuruh ganti ECUnya?. Pelanggan menjawab karena tidak ada api di busi dan BBM tidak menyemprot (injektornya tidak nyemprot). Parahnya bengkel motor sebelumnya, mekaniknya tidak menggunakan alat scann injeksi dan tanpa paham kode MIL.
Wajar Saja pelanggan atau konsumen tidak yakin dengan bengkel tersebut, karena tidak punya bukti kerusakan yang pas, tidak punya scann, sehingga memilih pindah bengkel lain (milik mas Yudi). Mekanik (Yudi) melakukan scanning pada motor tersebut dan terbaca kode 19. Kode tersebut tertulis di layar scann ECU Output Line Disconnected. Kalo tidak salah artinya aliran arus negatif/positif yang keluar dari ECU terputus (kesimpulan Yudi). Belum puas dengan kesimpulannya Mekanik Yudi googling kode 19 menunjukkan kesuakan pada side stand switch (standar samping patah, lepas atau putus kabelnya). Setelah Mekanik cek switch standar sampingnya ternyata tidak masalah, baik kondisi fisiknya maupun kondisi kabelnya tidak ada yang putus. Untuk kabel mekanik cek pakai AVOmeter.
…………………….usaha berikutnya
Mekanik lepas semua cover body motor. Kemudian cek dan urut kondisi kabelnya, sekilas tidak masalah, tambah puyeng saja ini mekaniknya. Dalam hati masak ECUnya. Tanpa sengaja mekanik melihat ada kabel putus di main relay, hampir tidak terlihat kalau kabelnya putus. Setelah dicek ternyata benar kabelnya putus yang warna biru. Setelah disambung mekanik, dan coba dihidupkan, mesin langsung mau hidup. Kemudian mekanik mencoba soket standar samping dilepas, ternyata kode 19 muncul lagi. Lalu dihubungkan lagi soketnya dan kode 19 pun hilang. Kemungkinan kabel biru dari main relay ada hubungannya dengan kabel stadar samping, soalnya kabel standar samping ada dua, satu wara hitam dan satu lagi warna biru. Soalnya tadi tidak sempat saya cek sambungannya dengan AVO meter. Letak main relaynya ada di belakang slebor depan tertutup cover body ( yang kabel terputus tadi), yang di main relay ternyata di terminal relay, tersekun djadi satu dengan kabel lain (satu sekun 2 kabel satu terminal).

kode kerusakan suzuki injeksi
Referensi
Kasus Bengkel motor injeksi dan motor karbu Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta