Yamaha Xeon RC Tidak Mau Hidup
Yamaha
Xeon RC Tidak Mau Hidup
Problem
Motor
yamaha Xeon RC masuk dengan keluhan bisa distarter tapi tidak mau
hidup. Lampu MIL Menyala. Sudah ke bengkel lain suruh ganti ECU,
kemudian pindah di bengkel mas milik mas Yudi Sidoarjo,
Pemilik bengkel sekaligus Mekaniknya langsung.
Solusi
Mekanik
(mas Yudi) tanya ke pelanggan, dasarnya apa langsung menyuruh ganti
ECUnya?. Pelanggan menjawab karena tidak ada api di busi dan BBM
tidak menyemprot (injektornya tidak nyemprot). Parahnya bengkel motor
sebelumnya, mekaniknya tidak menggunakan alat scann injeksi dan tanpa
paham kode MIL.
Wajar
Saja pelanggan atau konsumen tidak yakin dengan bengkel tersebut,
karena tidak punya bukti kerusakan yang pas, tidak punya scann,
sehingga
memilih pindah bengkel lain (milik mas Yudi). Mekanik
(Yudi) melakukan scanning pada motor tersebut dan terbaca kode 19.
Kode tersebut tertulis di layar scann ECU Output
Line Disconnected. Kalo
tidak salah artinya aliran arus negatif/positif yang keluar dari ECU
terputus (kesimpulan Yudi). Belum puas dengan kesimpulannya Mekanik
Yudi googling kode 19 menunjukkan kesuakan pada side
stand switch (standar
samping patah, lepas atau putus kabelnya). Setelah Mekanik cek switch
standar sampingnya ternyata tidak masalah, baik kondisi fisiknya
maupun kondisi kabelnya tidak ada yang putus. Untuk kabel mekanik cek
pakai AVOmeter.
…………………….usaha
berikutnya
Mekanik
lepas semua cover body motor. Kemudian cek dan urut kondisi kabelnya,
sekilas tidak masalah, tambah puyeng saja ini mekaniknya. Dalam
hati masak ECUnya. Tanpa sengaja mekanik melihat ada kabel putus di
main relay, hampir tidak terlihat kalau kabelnya putus. Setelah dicek
ternyata benar kabelnya putus yang warna biru. Setelah disambung
mekanik, dan coba dihidupkan, mesin langsung mau hidup. Kemudian
mekanik mencoba soket standar samping dilepas, ternyata kode 19
muncul lagi. Lalu dihubungkan lagi soketnya dan kode 19 pun hilang.
Kemungkinan kabel biru dari main relay ada hubungannya dengan
kabel stadar samping, soalnya kabel standar samping ada dua, satu
wara hitam dan satu lagi warna biru. Soalnya
tadi tidak sempat saya cek sambungannya dengan AVO meter. Letak main
relaynya ada di belakang slebor depan tertutup cover body (
yang kabel terputus tadi),
yang di main relay ternyata
di terminal relay, tersekun djadi satu dengan kabel lain (satu sekun
2 kabel satu terminal).
Referensi
Kasus
Bengkel motor injeksi dan motor karbu Sidoarjo
Jawa Timur yang masuk
ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto
champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta