Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Vario Liquid Cool Engine Sulit Hidup


Vario Liquid Cool Engine Sulit Hidup
vario liquid cool engine macet

Problem
Honda Vario Liquid Cool Engine susah dihidupkan mesinnya. Di elektrik starter tidak mau hidup, di kick starter juga tidak mau hidup. Pemilik motor informasikan bahwa akinya masih bagus (versi pemilik). Panel panel seperti klakson dan lampu sein normal.
Solusi
Saya bongkar dulu businya pengapian kurang bagus, kemudian busi saya bersihkan, seharusnya sebaiknya ganti, tapi karena butuh waktu cepat dan sparepart jauh, hanya dibersihkan saja. Cek api busi lagi, cukup bagus apinya, kemudian dicoba hidupkan pakai kick starter dulu, tapi belum mau hidup. Ada kemungkinan bensin belum turun, padahal tangki bensin kondisi penuh, dicek selang keran vakumnya agak mimpes/kempes dan kondisi kurang bagus, kemudian saya potong bagian yang mulai kempes kemudian dicopkan lagi dan dikunci dengan kencang. Sebelum dicopkan disedot pakai mulut dulu selangnya agar bensin turun dari keran. Setelah itu dihidupkan dengan kick starter bisa.

Problem berikutnya tinggal masalah elektrik starter yang belum nyala. Cop relay dilepas kemudian saya sambung langsung terminal yang menghubungkan aki positif dan motor starter (harus dilakukan yang sudah pengalaman agar aman), motor langsung hidup, berarti motor starter normal. Kemudian relay starter dipasang lagi. Saat dicoba distarter dengan tombol elektrik starter, sempat terderngar motor starter hidup tapi lemah (suaranya kurang begitu jelas). Problem motornya mengerucut ke masalah aki lemah (walaupun konsumen bilang masih bagus) atau relaynya yang sudah tidak konek dengan baik. Saat mau dipastikan dan hampir selesai, konsumennya buru buru ambil motor mau dipakai. Tidak masalah yang penting sudah ketemu problemnya, dan kedua komponen tersebut gampang untuk dipastikan dan dicek sampai elektrik starter hidup.

Referensi
Motor Vario Liquid Cool Engine tetangga yang macet susah hidup, butuh dihidupkan cepat darurat hanya dengan tool box yang ada di bagasi mobil seadanya.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta