Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Sebab Rezeki Seret


Sebab Rezeki Seret

Seorang muslim senantiasa menyandarkan segala sesuatunya kepada Allah Subhanahu wata’ala. Sehingga senantiasa mengoreksi dirinya sendiri jika menghadapi berbagai problematika hidup. Termasuk problematika penting adalah masalah penghidupan dan mengais rejeki.

Ada faktor penting yang harus diketahui dengan baik, bahwasanya salah satu sebab rejeki seret adalah dosa yang diperbuat manusia. Dasar hukumnya, Hadits Rosulullah Salallahu Alaihi Wassallam dari Tsauban Rodhiallahu Anhu Innal abda layuhromurrizqo bidzanbin yushiibuhu”. Artinya Sesungguhnya seorang hamba diharamkan rejeki dikarenakan dosa yang dia lakukan”. Musibah dalam bentuk rezeki seret atau tidak lancar, usaha bangkrut, planing-planingnya gagal dan proyek proyeknya gagal, disebabkan karena dosa yang dia lakukan. Dia dihukum oleh Allah dengan rezeki yang tidak lancar karena dosanya. Begitu kurang lebih yang digambarkan oleh ustad Muhammad Afifuddin As-sidawi.

Seorang muslim yang baik tidak ingin dia mendapatkan rezeki dengan cara dosa, diantaranya pesugihan, dukun, paranormal, orang pintar, tumbal, korupsi, curang, culas, riba dan segala jenisnnya dan cara jelek lainnya. Orang yang seperti itu seandainya bisa kaya, kayanya tidak berkah, bahkan menjadi istijrod dan menjadi malapetaka dan bisa jadi sebab di masukkan neraka, naudzubillah min dzalika!.

Sebagai penutup, intinya jika rezeki kita seret salah satu yang penting kita lakukan adalah kita segera bertaubat dari dosa. Itu salah satu upaya dan ikhtiar spiritual yang penting sebagai seorang pebisnis.

Referensi
Hadits diambil dari salah satu sesi ceramah ustad Muhammad Afifuddin As-sidawi dengan judul “Hikmah di Balik Musibah” bertempat di masjid Khalid Bin Walid Muntilan, dan link http://asysyariah.com/akibat-buruk-kemaksiatan/ (di situ diterangkan dalam riwayat Al Musnad)

Terima kasih

Dadang Auto Champion