Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hukuman Bagi Orang Yang Curang

Hukuman Bagi Orang Yang Curang
Keimanan terhadap fitnah kubur merupakan pokok keimanan yang wajib diimani oleh setiap muslim. Fitnah kubur yaitu mayit akan ditanyai malaikat di alam kubur (alam barzah) dengan 3 pertanyaan, yang gagal menjawab akan diadzab kubur. Ini alam ghoib, akal, mata telingga tidak akan mampu menjangkaunya. Akan tetapi terkadang Allah tunjukkan astar atau bekasnya kejadian di alam kubur. Adapun orang yang sholih akan mendapatkan nikmat kubur, adapun orang yang tidak sholeh akan mendapatkan adzab kubur wal iyyaudzubillah min dzalik.

Ada kisah mengerikan terkait adzab kubur bagi orang yang curang dalam bermuamalah. Sebagaimana yang ditulis oleh Ibnu Rojab Al Hambali beberapa peristiwa yang terjadi di masa itu. Diantaranya kisah seseorang yang ikut dalam rombongan bersama rekannya untuk berhaji. Ternyata Allah takdirkan orang ini meninggal di perjalaan. Kemudian, karena jauhnya dari tempat asalnnya, teman temannya mita ijin kepada penduduk setempat untuk dikuburkan dipekuburannya. Dan mereka meminjam alat alat penggali kubur. Namun Allah takdirkan ada yang terkubur dari alat penggali kubur tersebut. Kata sebagian mereka tidak mungkin dikembalikan sebagian, harus kita gali kembali. Akhirnya keputusannya menggali kembali kuburnya. Tenyata ketika digali kembali, tangan dan kaki teman yang meninggal dalam keadaan masuk ke tali gantungah alat penggali kubur (artinya tangan dan kaki mayat tersebut sudah dalam kondisi terikat). karena teman temannya tidak tega, kemudian ditutup lagi dan meminta keridhoan pemilik alat tersebut dengan menganti berapa harga alat tersebut.

Sampai kemudian ketika pulang ke tempat asalnya, ditanya keluarganya, apa yang sesungguhnya jadi amalan orang tadi. Seperti yang kalian lihat dia biasa bersedekah, biasa ini dan ini, semua amal kebaikan. Tapi terus didesak apa yang menjadi amalan dia, kemudian dikatakan, dia biasa curang dalam bermuamalah. Meskipun hasilnya untuk sedekah, ternyata kondisi akhirnya mengenaskan diadzab di alam kubur. Terkadang Allah tampakan seperti itu sebagai pelajaran bagi kita semua yang masih hidup agar tidak berbuat curang dalam bermuamalah. Wallahu a’lam. Semoga kita bisa selamat menghadapi fitnah kubur (3 pertanyaan di alam kubur) dan adzab kubur dengan memperbaiki amalan kita di dunia ini.
Pent : Artikel di atas dikutip dengan semi transkrip dari kajian langsung dan audionya.

Referensi
Cuplikan Kajian kitab aqidah Risalah Ibnu Abi zaid Al Qairawani Rahimahullahu Ta’ala yang disyarah oleh syaikh Doktor Shalih bin Fauzan Al Fauzan Hafidhohullahu ta’ala oleh ustad Abu Hamzah Kaswa Hafidhohullahu ta’ala.

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta