Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kawasaki Ninja 250 RR Mono Knalpot Nembak

Kawasaki Ninja 250 RR Mono Knalpot Nembak
motor ninja nembak nembak

Problem
Motor injeksi kawasaki Ninja 250 RR Mono Knalpotnya meledak ledak atau nembak nembak. Demikian gambaran konsultasi dari mekanik motor injeksi NTT. Adapun yang ditanyakan ke Dadang Auto Champion, bagaimana cara meresetnya secara manual. Mekanik sudah mencoba untuk menutup lubang AISnya tapi masih meledak ledak atau nembak nembak knalpotnya. Kemudian tanya solusinya bagaimana.
Solusi
Sebelum saya menjawab, saya gali informasi terkait kondisi motor, ternyata sudah pakai knalpot variasi, itu juga akan beda perlakuan. Kemudian ternyata bahan bakarnya dikasih pertalit, harusnnya kan pertamax. Kemudian opsi reset saya kira tidak perlu. Termasuk menutup saluran AIS juga jangan dilakukan karena saya yakin di tahun motor tersebut masih bagus. Adapun stel CO, motor ini tidak ada stelan COnya. Dan saran saran lainya. Termasuk yang belum saya sarankan untuk trik penyesuaian knalpot variasi pada motor standart. Semua kita pantau bersama tim. Prinsipnya selagi bisa akan saya pantau sampai ketemu solusinya.
Belum sempat semua diterapkan, ternyata mekanik injeksi NTT kabari :
Alhamdulillah sudah normal pak, yang saya kerjakan infus ruang bakar, kemudian Trhottle body, injektor, busi saya bersihkan semua. Akhirnnya sembuh dan pemilik motor senang.” dikutip dengan editing seperlunya.
Kelemahan dari solusi mekanik tersebut adalah busa filternya dilepas (karena kalo busa filternnya dipasanng masih sedikit nembak). Sangat disayangkan, indikator mekanik NTT tersebut konsumen sudah puas, meskipun tanpa pasang filter menyalahi prosedur. Kalo menurut saya (Dadang Auto Champion). Jangan lakukan itu, karena kalo filter dilepas bisa merusak seker/ piston, throttle body mudah kotor dll,. Bisa jadi pengaruh bahan bakarnya pertalit, padahal seharusnya pertamax. Saran saya tetap, pastikan tanpa nembak dengan tetap pasang filter sesuai prosedur. Jadi kalo standar saya itu belum finish walau menurut konsumen bengkel tersebut sudah puas.

Referensi
Bengkel motor injeksi NTT yang konsultasi ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta