Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sensor TPS Error, Kecepatan Tinggi Tidak Bisa Diturunkan!

Sensor TPS Error, Kecepatan Tinggi Tidak Bisa Diturunkan!
Problem
Problem kerusakan motor old Vario Injeksi ini dari forum LDIC (Long Drain Interval Community) di medsos facebook. Ini kutipanya
Ngeri sob, tadi TPS (Throttle Position Sensor) Old Vario 125i saya tiba-tiba error tanpa Kode Kedipan MIL apa pun, errornya mengerikan, Throttle Position langsung tinggi, maka meski grip gas tidak dibejek pun, kecepatan motor sampai 80 KM/J tidak bisa diturunkan !, sama seperti kabel gas macet, tapi ternyata kabel gas normal.
Saya langsung putar kunci kontak ke off, matikan mesin, Alhamdulillah motor bisa diberhentikan,,, lalu cabut socket TPS, motor terpaksa jalan pakai Failsafe Mode, tapi serasa pakai motor butut, bensin boros luar biasa, brebet parah, tapi yg penting bisa selamat sampai tujuan (Jarak pulang tinggal 15 KM).
Sesampainya di rumah, saya pasang lagi socket TPS, nyalakan mesin motor, eh normal lagi
Ternyata mengerikan juga ya ketika TPS error
Solusi
Hasil diskusi saya dengan teman, sensor TPS isinya hanya potensio, atau tahanan geser. Pengalaman teman bengkel biasanya kuningannya sudah aus pada gejala tertentu. Tapi solusinya ya ganti Throttle Body full set. Kalo tidak beli trhotte body full set khawatir rawan kumat atau dapat barang sensor TPS yang tidak orisinil atau ngaku orisinil padahal barang rijek. Contoh kasus di atas adalah bukti langsung. Saat saya tanya pemilik motornya katanya sudah ganti sensor TPSnya saja ternyata kumat kan.

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta