Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ninja 250 FI Mogok Di Jalan


Ninja 250 FI Mogok Di Jalan

Problem
Motor Injeksi Kawasaki Ninja 250 FI macet atau mogok di jalan. Dari indikasi yang muncul akinya soak, padahal aki baru saja diganti. Indikator cek engine hidup.
Solusi
Solusi sementara saat telepon bengkel, dibawakan aki agar tidak didorong atau diangkut, karena kesannya hanya masalah aki drop. Lagipula kalo dorong atau diangkut, motornya kan berat.
Kemudian pemilik motor memasrahkan motornya ke bengkel umum bukan dealer kawasaki, jadi alatnya ya tidak ada scanner kawasaki dan relatif terbatas, tidak masalah yang penting mampu dan sanggup. Karena aki baru, jadi yakin bukan masalah akinya. Kemudian mekanik bengkel mengecek terkait sistem pengisian, cek kiprok normal, kabel kabel juga normal, kontinyuitas spul juga tidak masalah (kesan yang saya tangkap dari bengkel). Adapun standar ukuran spull dan lain sebagainya, bengkel tersebut ada kendala, karena alatnya kemungkinan hanya multitester atau avo meter, tidak ada buku manual kawasaki komplit.
Setelah mentok di area pengkabelan sistem pengisian dan kiprok tidak masalah, akhirnya opsi buka spull. Meski agak ribet tetap dilakukan karena harus tap air radiator pada sistem pendingin juga dan bongkar cover jika ingin leluasa. Hasil pembongkaran ternyata spullnya sudah gosong sebagian, itu penyebabnya. Solusinya 2, ganti spull orisinil Kawasaki yang relatif mahal atau dispull ke tukang spull. Setelah kompromi, akhirnya dipilih solusi ke tukang spull, murah hanya 250 ribu masalah beres, tapi dengan catatan soal garansi susah dipastikan. Urusannya tergantung permintaan konsumen saja. Kalo saya pribadi pillih beli spull orisinil dengan garansi jelas, agar tidak gampang mogok, toh awet sekitar 5 tahun yang orisinil, sebagaimana Honda CBR yang dimilikinya juga spullnya sekitar 5 tahun. Wajar saatnya sudah ganti spull.
Pent : adapun jika bengkel memili scanner kawasaki akan lebih efektif kerjanya.

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta