Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mekanik Injeksi Yang Pintar, Peka Baca Data Parameter Scann


Mekanik Injeksi Yang Pintar, Peka Baca Data Parameter Scann
mekanik injeksi baca parameter scann


Belum tentu saat terjadi kerusakan langsung muncul kode MIL atau kode kerusakan motor injeksi. Saat kondisi tersebut, jika mekanik hanya terpaku menunggu kode kerusakan injeksi, maka problem motor tidak akan terselesaikan. Ada problem motor injeksi yang tidak keluar kode kerusakan, tapi kondisi sensornya, nilainya sudah tidak standar. Nilai masing masing sensor dan keterangan detail kondisi motor baik kondisi hidup atau mati ada pada data parameter scann.

Ada mekanik motor injeksi yang saking seringnya melihat data parameter bisa tahu kalo nilai sensor injeksi sudah tidak ideal saat baca data parameter, karena sudah hapal nilai standarnya, ini disebut mekanik profesional dan pengalaman karena sering melihat data para meter. Jika mekanik masih pemula, dan belum banyak berkutat di motor injeksi, bisa dengan membuat data sendiri. Caranya colok scann injeksi pada motor normal, kan nilai parameter datanya pasti normal semua, itulah yang ideal. Kemudian di foto disimpan atau diprint. Nanti kalau ketemu dengan motor yang bermasalah tidak muncul kode kerusakan, tapi hanya nilainya yang tidak ideal, tinggal dibandingkan dengan parameter data motor yang rusak, nanti akan bisa simpulkan. Intinya scann itu alat bantu tapi skill mekanik dan kepekaanya juga penting untuk mencari problem kerusakan motor injeksi dengan cepat.
Contoh kasus kode kerusakan injeksi tidak muncul atau MIL tidak detek, tapi bisa diselesaikan dengan membaca kode parameter scann :
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta