Mekanik Injeksi Yang Pintar, Peka Baca Data Parameter Scann
Mekanik
Injeksi Yang Pintar, Peka Baca Data Parameter Scann
Belum
tentu saat terjadi kerusakan langsung muncul kode MIL atau kode
kerusakan motor injeksi. Saat kondisi tersebut, jika mekanik hanya
terpaku menunggu kode kerusakan injeksi, maka problem motor tidak
akan terselesaikan. Ada problem motor injeksi yang tidak keluar kode
kerusakan, tapi kondisi sensornya, nilainya sudah tidak standar.
Nilai masing masing sensor dan keterangan detail kondisi motor baik
kondisi hidup atau mati ada pada data parameter scann.
Ada
mekanik motor injeksi yang saking seringnya melihat data parameter
bisa tahu kalo nilai sensor injeksi sudah tidak ideal saat baca data
parameter, karena sudah hapal nilai standarnya, ini disebut mekanik
profesional dan pengalaman karena sering melihat data para meter.
Jika mekanik masih pemula, dan belum banyak berkutat di motor
injeksi, bisa dengan membuat data sendiri. Caranya colok scann
injeksi pada motor normal, kan nilai parameter datanya pasti normal
semua, itulah yang ideal. Kemudian di foto disimpan atau diprint.
Nanti kalau ketemu dengan motor yang bermasalah tidak muncul kode
kerusakan, tapi hanya nilainya yang tidak ideal, tinggal dibandingkan
dengan parameter data motor yang rusak, nanti akan bisa simpulkan.
Intinya scann itu alat bantu tapi skill mekanik dan kepekaanya juga
penting untuk mencari problem kerusakan motor injeksi dengan cepat.
Contoh
kasus kode kerusakan injeksi tidak muncul atau MIL tidak detek, tapi
bisa diselesaikan dengan membaca kode parameter scann :
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta