Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Vario Injeksi 125 Lampunya Problem


Vario Injeksi 125 Lampunya Problem

Problem
Motor Honda injeksi Vario 125 trouble, kalau gas digas pada kecepatan sedang sampai kecepatan tinggi lampu utama depan terasa bergetar cahayanya. Padahal saat kecepatan idle/stasioner cahaya lampu normal.
Solusi
Mekanik melakukan pengecekan lampu dan sambungan-sambungan kabelnya barang kali ada yang putus di tengah. Selain itu, kerak pada dudukan lampu juga dibersihkan, tapi hasilnya tetap nihil. Kemudian mekanik coba untuk cek sistem pengisian dengan menggunakan avo meter digital, dan ternyata benar sistem pengisiannya tidak stabil. Pembacaan AVO meter tertera 12v, 13v, 14v, naik turun dari 14v bisa langsung turun jadi 12v atau 13v, kemudian naik lagi ke 14v begitu seterusnya.
Setelah dicek lebih lanjut ternyata kiproknya yang rusak, kiprok vario 125 jadi satu dengan ecu karena sistem staternya pake sistem ACG (Alternator Curent Generator) tanpa menggunakan dinamo starter konvensional. Harga ecu kurang lebih 1 jutaan, tinggal kasih tahu ke konsumen, mau diganti atau tetap dengan keadaan awalnya. Saran mekanik seharusnya itu diganti, khawatirkan menganggu part injeksi lainya karena part injeksi butuh arus yang stabil.
Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Timur yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/YogyakartaReferensi