Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Honda Beat FI Rusak Area Gear Box


Honda Beat FI Rusak Area Gear Box

Problem
Motor Injeksi Honda beat FI datang ke bengkel dengan dituntun mundur. Mekanik tanya kenapa motor ko dituntun mundur, kata si pemilik, roda belakang tidak bisa digerakkan maju. Lalu si pemilik menceritakan asal muasal kejadiannya, kurang lebih sekitar 1 mingguan motor terdengar suara desingan/nyuling pada bagian gear box atau transmisi. Karena tidak ada kendala pada performa mesin, ya motor tetap dijalankan spt biasa. Sampai akhirnya waktu dipakai jalan tiba-tiba motor berhenti jegrek dan tidak bisa jalan maju, tapi untungnya masih bisa jalan mundur dengan cara dituntun.
Solusi
Mekanik membongkar area CVT tidak ada masalah. Meskipun komponen CVT Sudah di bongkar, roda belakang tetap tidak bisa bergerak maju. Kemudian mekanik melanjutkan bongkar transmisinya, dan ternyata keadaan ruang transmisinya kering tidak ada oli sama sekali, dan bearing di drive shaftnya steel ballnya mreteli. Drive shaft adalah as penghubung dr cvt ke transmisi.
Mekanik cek semua bearing yangg ada di transmisi yang ada 5 kalo tidak salah. Dan semuanya sudah oblak, dan mau protol. Yang lebih parah lagi yaitu counter shaft dan gigi counternya oblak. Ini salah satu penyebab bunyi nyuling selain bearing sudah oblak. Akhirnya semua bearing atau laker diganti beserta counter gear beserta shaftnya, motor kembali normal.

countershaft beat

gear box matik hancur

gear box kering

Pent :
Untuk melepas bearinya dgn sst (sevice special tools) bearing remover.

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Timur yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta