Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Beat FI ESP Tidak Bisa Hidup Setelah Terbakar

Honda Beat FI ESP Tidak Bisa Hidup Setelah Terbakar
Problem
Sore hari saat hujan kedatangan mobil pickup dengan membawa motor Honda Beat FI esp, sambil menurunkan motor tersebut yang punya bilang kalau mesin tidak bisa dihidupkan, dikarenakan hampir terbakar pada saat perjalanan karena keranjang plastik yang dibawanya nempel dengan knalpot. Masih untung hanya terbakar sebagian kabel-kabel, tidak sampai terbakar motornya karena tidak menyentuh tangki dan selang bensin.
Solusi
Setelah dilakukan pengecekan yang menyebabkan mesin tidak bisa hidup dikarenakan kabel body yang menuju ke fuel pump hangus. Mengingat untuk mengganti kabel body full set harus pesan dulu, dan waktunya lama, akhirnya kabel yang hangus dipotong (dibuang) dan disambung pakai kabel yang bagus. Serta kabel body yang yang menuju lampu reting dan stop belakang juga hangus, dilakukan perbaikan persis seperti kabel body yang kearah fuel pump.
Selesai perbaikan, tiba saatnya pengecekan kerja komponen injeksi, tersimpan dalam memori ECM 12x kedipan, karena yakin sudah diperbaiki maka langsung dilakukan reset ECM. Alhamdulillah mesin bisa hidup kembali Normal.
Kabel beat fi esp kebakar

kabel pompa injeksi terbakar


Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi Magelang yang masuk redaksi Auto Champion

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta