Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Trouble Shoot ECM Rusak

Trouble Shoot ECM Rusak

Koresponden dari kontributor aktif kita Agus Wahyudi Sidoarjo Jawa Timur, pemilik “Wahyu Motor”, bahasa sudah diselaraskan.

Ada honda vario 125 sukses menerjang banjir dengan ketinggian air sekitar ¾ diameter roda vario. Setelah kejadian tersebut motor jadi sangat boros dan ga bisa lari, kemudian motor dibawa ke bengkel kami, semuanya kami periksa dan bersihkan dari mulai throttle body, injector, sensor 02 sampai TPSnya saya bersihkan, tapi hasilnya tetap nihil tanpa perubahan tetap boros dan asapnya hitap pekat, tapi tarikanya jos.
Ada beberapa data yang patut diperhatikan, gejala kerusakan dari awal pemeriksaan tidak terdeteksi baik dari MILnya sendiri atau saat di scann, tapi feeling saya mengatakan kalo ga bisa baca kerusakan, ECUnya bermasalah. Sementara simpan dugaan dulu, kemudian saya coba ciptakan kerusakan dengan mencabut soket TPSnya dan saya coba untuk menyalakan kontaknya, ternyata MILnya tidak menunjukkan kode kerusakan, kemudian saya cabut soket injectornya, lalu kontak saya onkan lagi, ternyata kode kerusakan tidak terbaca baik oleh MIL maupun Scanner. Langkah terakhir saya coba buka cover body depan untuk mengecek kondisi ECM/ECUnya, saya cabut soketnya, ternyata terdapat genangan air dalam soket, lalu coba saya bersihkan, setelah itu saya coba lagi ternyata hasilnya tetap sama, langsung saya eksekusi ECU rusak. Setelah orangnya menebus ECU/ECM dengan harga Rp. 1.600.000 motor kembali normal.

Terima kasih


Dadang Auto Champion