Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Ilustrasi Strategi Marketing



Ilustrasi Strategi Marketing

            Sekecil apapun upaya marketing jika dimaksimalkan dengan baik akan membuahkan hasil. Semua itu tidak harus mahal, cara gratispun bisa!, seperti on-line marketing yang kita lakukan untuk mendapatkan pembeli atau siswa, kita akui itu menggunakan blog gratisan atau blogspot gratis tis!, thanks to www.blogger.com, klik kursus mekanik motor terapan. Hal penting lainya adalah kita memiliki kontak yang jelas, alamat yang jelas dan aktivitas bisnis yang real ataupun reputasi. Tidak kalah penting adalah stategi marketing pendekatan humanis, “nguwongke menungso”, atau memanusiakan manusia.

Simak 2 ilustrasi berikut sebagai gambaran sentuhan pendekatan marketing secara humanis, yang saya sebut sebagai memanusiakan manusia :
Ilustrasi 1
Anda bertamu ke tempat seseorang, dengan suguhan martabak, pisang goreng, bakso dan susu soda, tapi orangnya kurang antusias sambutanya, tidak hangat dan cenderung kurang fokus dan terkesan menyepelekan, tanpa basa-basi anda tentu akan cepat segera meninggalkan orang tersebut. Iya bukan?
Ilustrasi 2
Anda bertemu ke tempat seseorang, walaupun anda hanya disuguh air putih, sate kambing, aneka buah, aneka minuman plus oleh-olehnya yang sudah disiapkan untuk dibawa pulang, kemudian orangnya antusias, hangat, welcome dan perhatian kepada anda, tidak memotong pembicaraan dan terkesan menghargai anda, tentu anda memilih orang tersebut untuk bertamu dan membina hubungan baik. Itu sebuah nilai plus pendekatan yang humanis. Sangat penting bagi pendekatan marketing.
Yang saya tekankan bukanya suguhanya, tapi iktikad dan sikap baiknya yang cenderung akan memiliki bekas di dalam hati dan kesan yang mendalam. Kesan yang baik dan perhatian kepada manusia merupakan strategi marketing tersendiri. Dan itu tidak harus mahal. Bisa dimulai dengan memaksimalkan apa yang ada.
            Selain skill atau produk yang layak jual, penting bagi kita memiliki sebuah pendekatan humanis dalam melakukan selling dan marketing, jika anda sok-sokan dan tidak menghargai orang siap-siap anda akan dijauhi orang.

Terima kasih

Dadang Auto Champion