Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor Yamaha Vixion oli campur air



Motor Yamaha Vixion oli campur air
 
Sharing dari Agus Wahyudi (lewat email), terkait motor vixion, sudah kita edit untuk penyesuaian. Silakan simak.............


Problem
Pelanggan datang ke bengkel kami dengan keluhan tarikan motornya lama-kelamaan kok terasa berat, dan temperaturnya panas, air radiatornya habis, padahal tidak terdapat kebocoran.
Solusi
 Kami coba periksa sistem pendinginya, isi radiatornya dengan air, kemudian kami tutup ratiatornya, lalu kami nyalakan mesinnya sampai indikator temperature menyala. Setelah itu, kami matikan mesinnya, lalu kami buka tutup radiator dengan sangat hati-hati. Ternyata memang benar air radiatornya berkurang, kemudian kami coba membuka tutup pengisian oli, ternyata ruang dalam mesin penuh dengan oli bercampur dengan air, warnanya seperti susu, kami berfikir kasusnya sama dengan mesin mobil, yaitu cylinder headnya melengkung atau plugnya bocor. Maklum dasar kami basicnya mekanik mobil.
Ternyata dugaan itu salah besar, setelah mesin diturunkan dan dibongkar cylinder headnya dan dilakukan pengukuran ternyata tidak ada masalah, plugnya pun dalam keadaan masih bagus. Kami berpikir kok bisa masuk air dari mana?, kemudian kami amati water pumpnya, ternyata bagian sisi water pump sebelah dalam yang menghadap ke timing chain ada bekas rembesan air, ternyata sil water pumpnya bocor, tinggal ganti silnya masalah beres, beda dengan water pump mobil, kalo mobil harus diganti water pump assy (1 paket), setelah semua beres, kemudian diisi oli baru beserta engine flus untuk membersihkan campuran oli dan air.
Kemudian setelah siap semua, kami coba hidupkan mesin sampai beberapa menit, lalu kami matikan dan oli kami ganti baru, lalu kami hidupkan mesin sampai cooling fanya nyala, ternyata sudah tidak over heat, lalu kami matikan kembali dan kami cek ruang olinya ternyata olinya bersih dan sudah tidak bercampur dengan air radiator.

Kosa kata khusus dari mas yudi :
Plug : baut atau mangkoan di cylinder head pada water jacket.

Gambar pendukung
saya ambil dari aripitstop.com

sil water pump motor vixion

sil water pump vixion


Terima kasih

Dadan Auto Champion