Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aki tidak bisa dicas, apa tandanya?



Aki tidak bisa dicas, apa tandanya?
           
            Untuk kesekian kalinya saya masih membahas tentang aki/batere. Apa tandanya aki sudah rusak dan tidak bisa dicas lagi?. Untuk menentukanya bisa dilihat dengan alat atau tanpa alat.
Pengecekan dengan alat khusus pengecek aki
Dengan alat ini saat diberi beban (load) dengan cara menggeser saklar load, yang awalnya 12 volt bisa langsung drop antara 0-4 volt. Adapun jika aki masih bagus saat diberi beban (load), dengan menggeser saklar load, misal awalnya 12volt, penurunanya kurang lebih 10 volt berarti masih bagus dan bisa dicas.
battery tester
volt sebelum ada beban


alat pengecek aki
 volt setelah ada beban sekitar 10 volt berarti masih bagus

aki tester
 volt setelah ada beban kok antara 0-4 berarti sudah jelek tidak bisa dicas

 gambar alat secara utuh

Pengecekan dengan multi tester
Pasang volt meter di aki, saat distarter (elektrik starter), dari awalnya aki normal (12 volt lebih dikit) akan menunjukkan penurunan sekitar 10 volt, jika tidak normal, saat distart (elektrik starter) bisa antara 0-4 volt atau yang parah malah bisa mendekati 0 volt
Dengan pengamatan langsung
Jika sudah tidak bisa elektrik starter, klakson juga loyo, lampu sein atau bahkan indikator lampu sudah redup, dan saat mesin hidup lancar tapi tidak ada perubahan kemampuan aki, malah menurun. Jangan ragu langsung ganti yang baru, tidak usah dicas lagi.

Terima kasih 


Dadang Auto Champion