Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Oli tidak naik (Yamaha Vega)



Oli tidak naik (Yamaha Vega)

            Kasus ini kebetulan ditemui siswa praktek angkatan bulan Februari 2015. Setelah merakit Yamaha vega, saat mesin hidup, dicek olinnya ternyata tidak naik ke cylinder head/ kepala silinder. Langsung saya katakan ke siswa “bongkar lagi malah bagus dengan seperti itu dapat kasus baru”.
            Dari tekanan semprotan oli, nampak telalu lemah tekananya, padahal semua sudah dibersihkan saluranya, berarti masalahnya ada mekanisme pompa oli dan pendukungnya. Setelah dicek dengan seksama dengan membongkar blok kopling, karena letaknya di bagian mesin sebelah kanan (blok kopling), nampak kerusakan pada gear saringan sentrifugal (red-penamaan sendiri). Ada kemungkinan ini yang menyebabkan gigi pemutar pompa oli tidak berputar bersamaan dengan as kruk as, seandainya berputar memungkinkan selip sehingga putaran pompa oli menjadi lambat dan tekananya berkurang. 



Setelah ganti, ternyata belum beres!, tekanan masih kurang kencang, tapi gapapa, toh gigi saringan sentrifugalnya memang rusak dan kinerja bisa terganggu jika giginya rompal. Jangan menyerah, Next, lanjut sampaiketemu!.

Terima kasih

Dadang Auto Champion