Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Pompa Injeksi mati dan injector tidak nyemprot



Pompa Injeksi mati dan injector tidak nyemprot

Problem       
Honda Supra 125 PGM-FI saat dikontak tidak terdengar bungi nginggg! (suara khas pompa aktif) distarter tidak mau hidup. Setelah dilepas injectornya dan ditest ternyata juga tidak mau nyemprot. Jelas kondisi seperti ini motor tidak mau nyala.

Solusi
Pembacaan MIL (Malfunction Indicator Lamp) menunjukkan kode “12” ini adalah kode kerusakan injector. Kode ini bisa menunjukkan injectornya memang rusak bisa juga karena ada kesalahan sambungan kabel.
Sehingga dilakukan pengecekan terpisah, pertama pengecekan voltase atau arus ke cop injector dengan kunci kontak on dan motor distart, multi tidak bergerak sama sekali, ini menunjukkan kesalahan sambungan ke cop injector. Kemudian kedua, pengecekan injector, ternyata injectornya masih bagus.
Dari pengecekan tersebut perbaikan difokuskan ke 2 kabel yang mengarah ke injector, ternyata dari kabel ke cop-copan ada yang putus, kabel arusnya, adapun kabel masanya tidak masalah. Tinggal disambungkan kabel arusnya, atau jika kabel tersebut tidak ada arus dan malas mencarinya bisa ngambil arus dari warna kabel yang sama dan di jamper dan pastikan sampai ke cop-copan injector, masalah beres. Begitu kesalahan kabel injector dibetulkan, saat dikontak pompa mau bekerja dan terdengar bunyi ngingggg!, (bunyi khas pompa normal). Disini disimpulkan ada keterkaitan rangkaian fungsi pompa dengan 2 kabel yang menuju injector.

perbaikan kabel injector
 ada kabel cop ke injector yang harus diperbaiki

perbaikan kabel injektor


Terima kasih

Dadang Auto Champion