Yamaha vixion digas tidak mau malah cenderung mati
Yamaha vixion digas tidak mau malah cenderung
mati
ilustrasi diambil dari www.semisena.com
Bengkel
Wahyu Motor milik mas Agus wahyudi ada kasus lagi, kali ini Yamaha vixion,
langsung saya edit setelah dikirim lewat email untuk penyelarasan bahasa
seperti biasa. Silakan simak……
Problem
Motor Yamaha new vixion lightening
setelah ganti knalpot free flow/ racing, kemudian dipakai beberapa hari tidak
terjadi masalah, tapi setelah itu timbul masalah waktu grip gas diplintir,
motor tidak mau lari, malah cenderung mati. Kemudian sama pemiliknya
dikembalikan knalpot standar, tapi penyakitnya tetap tidak hilang, setelah itu
dibawa ke bengkel kami.
Solusi
Setelah mendengar keterangan tersebut
langsung saya scan, ternyata tidak terdeteksi kerusakan, setelah itu coba saya
reset saja, ternyata setelah direset (untuk di alat FIDT istilahnya
CStory/Clear Story) waktu grip gas diplintir, mesin mau teriak sampai 10.000rpm
batas masimal standar, kemajuan bagus!. Kemudian saya coba cek stelan CO/BBMnya
ternyata terdeteksi -1,0. Belum puas, pemiliknya minta dinaikkan stelan COnya
5.0 ternyata tenaganya tambah nendang. (alhamdulillah pekerjaan tersebut
dikerjakan kurang dari 15 menit)
Saran
saya, lakukan penyetelan CO sesuai
standar EURO 3, yaitu 2, kalo ditulis lengkap sebenarnya 2gram/kilometer. Jangan
5.0 seperti diatas, saya yakin motor tetap enak dan yang penting sesuai
regulasi emisi gas buang dan motor kita jadi ramah lingkungan. Go green go green!
Terima kasih
Dadang Auto Champion