Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Ikhlas merupakan modal penting usaha



Ikhlas merupakan modal penting usaha 

            Modal usaha tidak semata-mata berwujud uang ataupun aset fisik. Tak kalah penting adalah modal keyakinan spiritual dan sikap di dalam mengarungi dunia usaha ataupun bisnis. Bahkan modal yang akan kita sebutkan ini bisa menginspirasi dan menjadikan tenang disaat sukses dan gagal, bahkan bisa mengatasi kegagalan.
            Modal tersebut adalah ikhlas. Mengapa ikhlas penting di dalam usaha?, sejauh mana sikap ikhlas ini bisa membentuk karakter pengusaha dan bisa mengantarkan kesuksesan usaha?. Dan sejauh mana sikap ikhlas ini bisa menjadikan mental tidak jatuh, tidak kehilangan diri ataupun gila, tidak putus asa dan bunuh diri jika usahanya gagal, tapi bisa kuat dan bahkan berlipat untuk berbenah diri dan bangkit kembali usahanya?. Seolah-olah sebuah energi yang tidak pernah habis.
Perhatikan keistimewaan orang yang bisa bersikap ikhlas berikut ini semoga kita bisa mencontohnya:
  1. Orang yang ikhlas mengaitkan bisnis dan usahanya kepada peribadatan kepada Allah. Mengikuti cara dan batasan-batasan yang ditetapkan agama. Dan tidak bersandar kepada diri sendiri sebagai manusia yang lemah tapi selalu berusaha sekuat tenaga dan berdoa.
  2. Orang yang ikhlas tidak mudah patah arang dan mudah berubah haluan di dalam berbisnis ataupun berusaha jika sudah yakin, karena memang itu semua butuh proses dan kesabaran.
  3. Orang yang ikhlas tidak akan kecewa karena celaan manusia jika bisnisnya belum nampak besar  dan tidak akan gila pujian dan berbangga diri jika bisnisnya sudah sukses.
  4. Orang yang ikhlas tidak iri dan dengki kepada usaha orang lain atau kesuksesan orang lain. Karena yakin bahwa yang membagi rizki adalah Allah. Sehingga hatinya bersih dan tidak mudah sakit karena menyimpan sifat-sifat buruk.
  5. Orang yang ikhlas tidak takut bisnisnya diserobot, atau disaingi karena bukan manusia yang mengatur rizki tapi Allah.
  6. Orang yang ikhlas akan bersemangat berusaha dan berdoa dan mencari ilmu terkait yang bermanfaat bagi kemanjuan bisnisnya.
  7. Orang yang ikhlas akan fokus mengoreksi kekurangan diri dan memperbaikinya.
  8. Orang yang ikhlas tidak meniatkan bisnis dan usahanya untuk pujian manusia, sanjungan dan menjaga pamor. Tapi murni untuk mendekatkan diri kepada Allah.
  9. Orang yang ikhlas tidak akan melakukan sabotase, kecurangan dan tindak negatif lainya untuk memajukan bisnis. Tapi akan menempuh cara yang halal agar bisnisnya diberkahi.
  10. Orang yang ikhlas bisa menemukan kebahagiaan sejati saat sukses dan bahkan saat gagalpun bisa menemukan hikmah dan masih bisa menemukan kebahagiaan.
  11. Orang yang ikhlas sadar saat sukses dan gagal bahwasanya semuanya adalah milik Allah dan akan kemballi kepadaNya.
  12. Orang yang sukses akan merasa diawasi dalam hidupnya, dan jika dia terjatuh kepada kesalahan akan berusaha kembali ke jalan yang benar.
Dan lain sebagainya masih banyak lagi yang bersifat positif.

Semoga kita bisa ikhlas menjalani apapun dalam hidup kita, dan betapa kata ikhlas itu mudah untuk diucapkan tapi perlu usaha kuat untuk bisa menerapkan ikhlas di hati kita. Tulisan tersebut diarahkan yang pertama kali untuk penulis agar bisa belajar ikhlas, kemudian setelah itu pembaca sekalian. Jangan sampai dalam mencari sesuap nasi justru kita kehilangan sisi pentingnya yaitu ikhlas.
Pertanyaanya sudahkah kita menerapkan ikhlas di dalam usaha dan bisnis kita? Tanyakanlah kepada diri kita masing-masing.

Assalamualaikum semoga menginspirasi!

Artikel terkait menginspirasi juga, Karakter pengusaha yang seharusnya!.

Referensi :
Renungan pribadi dan hasil kajian Islam yang pernah penulis dapat.

Terima kasih

Dadang Auto Champion