Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Super Kips Ninja Macet



Super kips ninja macet

            Super kips merupakan sistem yang diaplikasikan pada motor kawasaki ninja. Sangat membantu efisiensi dan aselerasi. Selain itu menjadi teknologi andalan agar motor 2 tak ninja bisa tembus peraturan EURO 2. Namun sistem tersebut jika tidak mengerti perawatan dan penangananya bisa macet. Dan akibatnya mempengaruhi suara dan aselerasi. Suara sangat menonjol karena cenderung lebih besar, atau bindeng, atau saya lebih suka menyebutnya ngebas.
            Sebenarnya sudah banyak yang membahas terkait teknologi dan kasus macetnya super kips ini baik di kaskus, di blog pribadi atapun di website berbayar. Tapi kebetulan blog saya berbasis blogspot yang menurut saya memiliki keistimewaan tersendiri di mesin pencari. Sehingga saya bermaksud mendaur ulang tulisan dan memasukkan di web site saya yang berbasis blogspot ini agar mempermudah dicari di mesin pencari juga.
            Pada dasarnya macetnya super kips ini bisa diatasi dengan rutinya perawatan dan servis ringan. Itu semua bisa dilakukan sendiri ataupun di bengkel resmi. Selain itu cara pemakaian motor ninja dan cara menarik gas juga bisa mempengaruhi kasus macetnya super kips. Agar lebih jelas langsung saja ikuti cara mengatasi super kips ninja yang terlanjur macet…………………

super kips macet
 tahap 1, mencopot karet penutup super kips

super kips macet1
 tahap 2, membuka batang pemutar super kips dengan kunci 10 ke arah kanan (searah jarum jam, beda dengan standar mengendori baut atau mur)

super kips macet2
tahap 3 , Copot rumah super kips dengan mengendoro ke kiri dengan kunci 8

super kips macet3
Tahap 4, kendori kedua mur ke kanan, berkebalikan dengan pengencanganya yang ke kiri

super kips macet4 Tahap 5, perhatikan tanda pemasangan gigi mekanis super kips untuk pemasangan kembali. Kemudian setelah kelihatan detail, lepas 2 baut pengunci katup dengan kunci L5 dan congkel secara hati-hati dengan obeng -

Silakan bersihkan dengan carb cleaner, atau dengan amplas ukuran 1000 atau dengan alat lain yang memungkinkan tidak menimbulkan goresan yang parah. Setelah bersih bisa diolesi grease hi temperatur (hi-temp-grease) yang banyak dijual bebas agar lebih lancar. Jika kemacetan tidak terlalu parah, boleh sambil dihidupkan buka penutup super kips, kemudian semprot ke system bagian dalam dengan carb cleaner sambil di gas-gas atau dibleyer, cari tempat relatif sepi atau lihat sikon agar tidak mengganggu tetangga suara bisingnya. Jika macetnya ringan kemungkinan cara tersebut sudah beres.

Beberapa referensi di web dan testimoni pengguna kawasaki ninja juga menyarankan untuk menarik gas di atas 7000 rpm. Karena katup super kips membuka di sekitar rpm tersebut agar tidak mudah macet karena tiap hari buka tutup super kipsnya. Tapi pastikan tetap perhatikan safety dan kondisi lingkungan sekitar.

Referensi
dari www.iwanbanaran.com (di web tersebut artikel super kips macet diambil dari kaskus) silakan dilacak di search web tersebut dengan kata kunci " super kips ninja macet" pasti akan ketemu.


Terima kasih

Eko Dadang Sukoco