Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunjungan ke bengkel motor alumni



Kunjungan ke bengkel motor alumni
            Keistimewaan pendidikan kursus di Auto Champion, memungkinkan siswa untuk saling sharing dan komunikasi dengan alumni. Pada kesempatan khusus tanggal 5 Agustus 2014 kita dan siswa mengadakan kunjungan bengkel alumni yang sudah jalan di daerah purworejo jalan Bagelen. Nama bengkelnya Talenta motor. Bengkel ini terhitung jalan karena mampu menghidupi keluarga dan 2 karyawan.
Ada beberapa manfaat yang bisa dipetik dari kunjugan bengkel ini.

  1. Informasi seputar spare part. Mas Ardi pemilik bengkelnya menyarankan agar pemilik bengkel bisa turun langsung. Tujuanya diantaranya adalah bisa membandingkan kualitas spare part langsung dan detail ciri dan karakteristiknya. Beliau juga biasa menulis spare part yang dicari pelanggan tetapi tidak ada, untuk ditampung kemudian dibeli, ini termasuk survey pasar yang sesungguhnya.
    spare part pesanan
    informas seputar spare part
  2. Mas Ardi tidak segan mulai dari bawah. Setelah lulus kursus di Auto Champion beliau ikut bengkel orang selama 6 bulan, kemudian buka usaha bengkel kecil dan ngontrak, kemudian sampai membangun tempat permanen sendiri. Dari situ bisa disimpulkan bahwa keterbatasan bukan sebagai hambatan. Justru itu yang akan membuat kita semakin kuat dan semakin menguji kebulatan tekat usaha yang sesungguhnya.
  3. Manajemen spare part bekas. Barang bekas dari mulai oli bekas/liter sekitar 2500, botol oli, besi, ban dan lain sebagainya tiap bulan juga menjadi pendapatan signifikan dan sudah ada pelanggan yang ambil spare part bekas.
  4. Stok oli konsinyasi. Pertamina ternyata punya program bagi bengkel yang sudah lancar berjalan untuk dititipi oli pertamina. Olinya dibayar setelah laku.
    oli pertamina konsinyasi
  5. Perkara sepele tapi penting. Untuk efektifitas semua gak harus mahal termasuk tempat kunci dari kayu yang mirip cady untuk tempat kunci tiap mekanik. Desain cady dari kayu tersebut dilengkapi roda dibawahnya. Sangat efektif dan hemat untuk kerja, dan tiap mekanik lebih mudah ambil kunci.
    cady tools kayu
  6. Update teknologi Injeksi. Walaupun tempatnya agak ke dalam dari jalur utama, tapi bengkel mas Ardi melengkapi dengan alat HIDS untuk diagnosa motor Honda Injeksi, dan FIDT untuk diagnosa Motor Yamaha Injeksi yang semuanya di beli dari kita Auto Champion Training Centre. Sehingga apa yang dealer bisa, bengkelnyapun bisa. Mampu melayani motor dari teknologi lama sampai yang terbaru sistem injeksi.
  7. Pelayanan total hasil diluar dugaan. Awalnya mas Ardi membangun 5 ruko, rencanyanya 1 ruko dia pake sendiri dan yang 4 disewakan untuk pemasukan. Tapi ternyata untuk tempat pelanggan dan motor sudah menghabiskan tempat karena saking banyaknya. Akhirnya 5 ruko dia pake sendiri.
    ruko diblok bengkel motor semua

    motor parkir

    bengkel motor talenta
  8. Semakin banyak tekanan dan problematika usaha, akan melahirkan sikap mental yang kuat dan karakternya terbangun sambil jalan. Ini sebenarnya termasuk seleksi alam.
  9. Bisa menjembatani Siswa Auto Champion untuk gambaran membuka bengkel setelah lulus.
  10. Membangun relasi. Penting untuk bisnis membangun relasi atau kawan sebanyak banyaknya. Jangan ciptakan musuh.
Mungkin sedikit ini yang bisa kita serap dari hasil kunjungan singkat ke bengkel motor alumni Auto Champion di kota Purworejo. Terima kasih mas Ardi Talenta motor moga semakin sukses!.

Terima kasih

Dadang Auto Champion