Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Pekerjaan yang paling sering di bengkel motor


Pekerjaan yang paling sering di bengkel motor


            Ada beberapa disiplin pekerjaan yang sering dilakukan oleh mekanik sepeda motor. Hal tersebut juga bisa dijadikan acuan spare part apa yang hendaknya disiapkan oleh pemilik bengkel karena hampir mayoritas termasuk fast moving (komponen yang paling cepat laku)
Diantara disiplin pekerjaan tersebut adalah :
1. Bongkar pasang cover body. Ini harus dikuasai untuk berbagai jenis merek sepeda motor apabila bengkel tersebut bengkel umum. Namun dengan sering berlatih akan mudah dikenali anatomi cover body untuk semua jenis motor.
2. Servis ringan.
3. Mengganti ban dalam dan ban luar. Apabila bengkel tersebut melayani tambal ban akan sering mendapatkan pekerjaan tersebut. Apalagi di kota-kota besar yang ada ranjau pakunya yang dipasang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
4. Mengganti kampas rem dan kampas tromol.
5. Mengganti laker roda depan maupun belakang
6. Mengganti gear seat beserta rantai penggerak roda.
7.Mengganti lampu-lampu terlebih sekarang ada peraturan penyalaan lampu di siang hari.
8. Mengganti baut baut yang jatuh maupun hilang.
9. khusus kelistrikan diantaranya, terkait sistem elektrik starter, sein dan klakson dll.
10. Mengganti perpak, karena oli merembes atau bocor biasanya untuk motor yang sudah berumur 3 tahun ke atas.
11. Mengganti seal karet perapat mesin. Biasanya disekitar kick starter, tuas presneleng (pemindah gigi), seal as sekunder gigi rasio dll.
12. Mengganti kabel gas, kabel spidometer, kabel kopling dll untuk motor yang sudah berumur 3 tahun lebih
13. Menyolder berbagai sistem kelistrikan untuk motor yang berumur 3 tahun lebih
          
       Demikian pekerjaan yang harus senantiasa dilatih kecepatanya, kehalusan dan kerapian pekerjaan agar lebih efisien untuk meningkatkan omset pendapatan bengkel sepeda motor. Pekerjaan lainya bukanya tidak sering, untuk bengkel yang sudah rame, sering juga pekerjaan overhaul (turun mesin), servis semi berat pekerjaan chasis, kelistrikan dll dengan kemampuan semua lini, tapi tinjauan tadi dilihat dari sisi durasi waktu pekerjaanya yang lebih singkat sehingga frekuensi pekerjaanya otomatis lebih banyak dan sering, paham kan?.
Pesan khusus dari Auto Champion agar siswa dan alumni senantiasa bekerja dan terus belajar untuk selalu up to date dan jangan paranoid terhadap perkembangan teknologi sepeda motor. Itu dulu ya.

Terima kasih

Dadang Auto Champion