Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

CARA MENCARI RANGKAIAN KELISTRIKAN KONSLET


CARA MENCARI RANGKAIAN KONSLET
Kita berikan 1 contoh kasus kerusakan yang terjadi pada motor Jupiter MX. Jadi ceritanya begini, gejala awalnya ketika direm motor mati dan dihidupkan lagi susah, setelah dicek ternyata sekering putus. Itu adalah tanda bahwa rangkaian kelistrikannya ada yang konslet (hubungan pendek).
Solusi
Memperbaiki system kelistrikan yang konslet kita harus telaten. Karena kita harus benar benar paham dan mengerti detail tentang seluk-beluk kelistrikan sepeda motor. Namun disini ada cara mudahnya yang bisa diterapkan.
1. Pastikan gunakan sekering yang tepat apabila menggantinya agar tetap aman. Sebagai contoh, bila sepeda motor kita menggunakan sekering 10 amper, pastikan kita menggantinya dengan nilai yang sama 10 amper juga.
2. Hidupkan system kelistrikan satu per satu. Ada beberapa rangkaian yang dihidupkan satu persatu, rem, sein, motor starter, klakson, dll. Dan pas sekering terputus maka pada rangkaian itulah yang dicari konsletingnya.






keterangan gambar: dari kiri ke kanan berurutan gambar 1,2 dan 3. Gambar 1 (letak swit Jupiter MX), gambar 2 (letak sekering Jupiter MX). Gambar 3 (penyebab konsletnya karena isolator switnya luka sehingga arus terjadi hubungan pendek ke massa (konslet)
Motor tersebut sekeringnya mati ketika direm, maka yang dirunut hanya system rem saja, dirunut dari aki + ke sekering ke kunci kontak ke swit rem(depan dan belakang) ke lampu rem ke massa(ground). Dan ternyata yang konslet swit rem belakang, arus dari kunci kontak ke swit rem dan langsung ke massa (ini konsletnya), karena ketika direm sekering langsung mati. Solusinya ada dua reparasi ulang atau diganti. Adapun ketika sekering mati kok langsung mesin mati juga, karena motor Jupiter MX system pengapiannya DC dan menggunakan sekering, sehingga apabila sekering terputus otomatis system pengapian ikut mati. Namun ketika sumber masalah konsletnya diperbaiki gejala mesin mati tersebut secara otomatis tidak terjadi lagi. 

Baca juga artikel tentang Mengatasi motor konslet agar lebih ahli

Terima Makasih 

Dadang auto champion