Memperbaiki motor konslet
Memperbaiki motor konslet
Kasus motor konslet sering terjadi, mulai dari tingkat
sederhana sampai yang komplek. Semakin pengalaman seorang mekanik motor, akan
lebih cepat mengatasi rangkaian yang konslet. Untuk kasus mencari konsleting
yang menyita waktu, mas Agus Wahyudi pemilik bengkel "Wahyu Motor" bersedia berbagi
pengalamanya. Kejadian konsletnya kadang terjadi langsung, dan terkadang
tidak, kasus konsletnya terjadi datang dan pergi, tidak stabil jadi lebih
tinggi tingkat kesulitanya dari pada yang permanen konslet.
Silakan simak emailnya
dengan penyelarasan dan editan yang diperlukan agar lebih enak dibaca……
Honda vario model lama terjadi konsleting,
sekering putus (kadang langsung putus, kadang baru dipake seharian baru putus).
Dengan kejadian ini saya sampai 2 hari mengerjakanya, sampai habis sekering
banyak, soalnya kejadianya jarang-jarang.
Pertama- tama saya buka semua cover body
Honda vario tersebut, lalu saya cek semua sistem kelistrikan mulai dari aki,
sekering, soket-soket dan kunci kontak. Pada saat tidak putus sekringnya, semua
sistem kelistrikan normal-normal saja sehingga belum bisa dilacak kerusakanya
karena konsletnya belum muncul.
Dengan kondisi konslet datang dan pergi
tersebut, kerusakan hanya bisa dilacak saat terjadi rangkaian konslet. Saat konsletnya
muncul, dan sekering sering putus, saya mulai beraksi, semua kondisi kelistrikan
saya cek, ternyata kabel warna hijau teraliri arus (pada motor Honda, kabel
warna hijau adalah kabel negative) sekering langsung putus, kemudian saya ganti
baru dan putus lagi.
Akhirnya
saya menemukan cara supaya bisa menemukan penyakitnya, yaitu sekering saya
ganti sebelum kontak saya ONkan, kemudian saya cabut soket satu persatu. Saat salah
satu soket saya cabut, kontak saya ONkan dan sekering langsung putus (berarti
rangkaian yang konslet bukan rangkaian yang berhubungan dengan soket tersebut),
saya lakukan hal tersebut satu demi satu. Akhirnya saya menemukan soket yang
mengarah ke speedo meter yang konslet, pada saat kunci kontak saya ONkan (dalam
kondisi salah satu soket yang dicurigai dilepas), sekering tidak putus, tapi
begitu soket tersebut (yang dilepas tadi) saya sambung kembali, sekering putus
lagi (ini dia problemnya). Setelah saya cek, ternyata berhubungan ke pengukur
indikator bahan bakar yang ada di kotak speedo yang terjadi konsleting,
kemudian 3 kabel yang nancap ke mur pengukur bensin di kotak speedo meter saya
lepas kemudian agar tidak nempel satu sama lain saya isolasi satu persatu,
setelah itu kontak saya ONkan langsung saya cek smua sistem kelistrikan dan
kabel warna hijau ternyata tidak terjadi konslet lagi, alhamdulillah semua
kembali normal.
Itulah gambaran kesulitan
mencari kelistrikan konslet, jika konsletnya datang dan pergi/tidak permanen.
Adapun artikel terkait yang
pernah saya buat yang juga relevan….
Terima kasih
Dadang auto champion