Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PERNAPASAN MESIN (BLOW BY GAS)


-->PERNAFASAN MESIN (BLOW BY GAS)

Mesin sepeda motor mirip manusia, ada pernafasannya juga lho, sehingga kita harus memperhatikan kondisi dari komponen tersebut, baik dari sisi penempatannya maupun kebersihannya.
Berikut ini ada kasus yang kami alami sendiri. Kondisi yang tidak bersih ataupun terjepit akan perpengaruh terhadap performa motor, yaitu motor relatif berat tarikan mesinnya. Selain itu efek yang bisa terjadi adalah sering terjadi kebocoran oli pada mesin. Bila blow by gas tertutup sama sekalil, akan mempercepat kebocoran oli mesin dan berat tarikannya, efek lainnya adalah motor jadi berasAP knalpotnya. Oleh karena itu ketika servis atau turun mesin perlu juga dicek kondisi dan penempatanya tidak salah atau terjepit dan pastikan dalam kondisi bersih.















keterangan gambar : sebelah kiri gambar blue by gas Shogun 125, tengah gambar blOW by gas CB 100, Paling kanan gambar blue by gas supra 125 sudah lewat filter karbu

Manfaat yang lain dari blow by gas adalah sebagai pendeteksi kompresi motor tersebut sudah bocor, gimana bisa terjadi?, bila seker dan ring sekernya sudah tidak rapat, panas dari pembakaran akan merembet ke ruang transmisi yang penuh oli, sehingga panas tersebut bisa membakar oli, dan asap oli pun akan keluar pula selain dari knalpot lewab blow by gas juga.

Satu lagi tentang blow by gas. Sepeda motor keluaran terbaru blow by gas dimasukkan lagi lewat filter udara disaring dan dibakar lagi karena masih berbahaya menggandung das O2 atau karbon monoksida (gas beracun yang berbahaya bagi pernafasan manusia bahkan pada tingkatan tertentu bisa mati). Pastikan blow by gas tersebut masuk pada filter karbu dan pastikan pula filter karbu dalam kondisi yang bersih.

Dadang
Auto champion