New Vixion Mogok dan ECU Panas
New
Vixion Mogok dan ECU Panas
Problem
Motor
Injeksi Yamaha New Vixion Mogok. Mekanik dapati saat kunci kontak
On, ECUnya panas. MIL atau cek engine tidak nyala. Kondisi aki/accu
keluar cairan zurrnya.
Solusi
Mekanik
mengganti aki terlebih dulu, harga originalnya 225rb. Kondisi
indikator chek engine masih tidak menyala, artinya tidak ada kode
kerusakan, dan ECU masih panas. Kerusakan berikutnya ternyata ECU
mati, pantas tidak bisa membaca kode kerusakan. Kemudian mekanik
mengaganti ECU seharga 579rb original. Saat ECU normal, scann akan
bisa membaca kode kerusakan. Kemudian mekanik nyalakan mesin dan
scann, langsung terbaca kode sejarah kerusakan, yaitu power supply ke
sistem FI tidak normal. Data parameter scann terbaca pengisian
berlebih saat rpm 5.000 ke atas, bahkan pengisian hingga mencapai
19.5 volt.
Lanjut
ke pengecekan kiproknya, ternyata kiprok imitasi, itulah kemungkinan
penyebab kerusakan aki dan ECU. Kemudian mekanik mengganti kiprok
seharga 220 ribu original (orisinil). Untuk kiprok bisa pakai Mio J
karena mekanik pas bawanya kiprok Mio J, dan itu sama saja bisa
dipakai. Setelah mekanik pasang kiprok, dan cek lagi pengisian, saat
stasioner 13,5V adapun posisi rpm penuh 14,5 V, itu pengisian normal.
Langkah selanjutkan mekanik mereset atau menghapus sejarah kerusakan
tadi dengan scann. Masalah beres.
Kesimpulan
Part
injeksi ECU dan aki rusak penyebabnya kiproknya rusak, dan mudah
rusaknya karena kiprok imitasi sehingga menyebabkan pengisian
berlebih (overcharging). Adapun pengisian normal yaitu 13,5V posisi
stasioner dan 14,5V saat rpm penuh.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta