ECU/ECM Motor Injeksi Beat FI Konslet
ECU/ECM
Motor Injeksi Beat FI Konslet
Problem
Motor
Injeksi beat FI model terbaru sudah
ESP dan ada panel ECOnya
macet. Kronologisnya, pemakai waktu mau berangkat kerja, motor
distarter gak mau nyala, lampu check engine kedi-kedip. di bawah
motor ada serpihan bekas serabut kabel yang digigit tikus. Petunjuk
awal yang baik, tikus lagi tikus lagi.
Solusi
Saya (mekanik bernama Alfiansyah) scann DTC Menunjukan Injeksi gagal, lalu saya perbaiki kabel
injectnya, DTC pun hilang. Kemudian motor saya starter ternyata
masih ga mau nyala, dicek pengapian, ternyata pengapiannya tidak ada.
Ternyata bukan kabel inject saja yg digigit tikus, masih ada kabel
yang lain yang putus, yaitu bagian bawah motor, kabel koil kuning
strip biru dan kabel arus positif dari kunci kontak hitam strip putih
putus juga. Setelah
diperbaiki, dan
motor
saya starter dan ternyata masih tidak ada ada apinya juga.
Usaha
berikutnya……...
Saya
periksa bagian fuel
pump,
ternyata fuel pump tidak
berfungsi, saya
check bagian kabelnya ternyata masih
bagus,
lalu sy check sekringnya, ternyata benar sekringnya putus, langsung
ganti sekering.
Kemudian
motor
kembali saya
starter
ternyata
masih
juga
ga
ada apinyanya. Dan
yang
membuat saya
heran adalah kenapa
koilnya kok jadi
panas, apakah masih
ada kabel yg konslet?,kemudian
saya
check dan ternyata memang sudah
tidak
ada lagi
kabel yang
konslet
ataupun digigit tikus. Saya
ga
putus asa,lalu saya
coba pake
koil motor Beat
FI
saya
(sudah
ESP tapi belum ada panel ECO),
ternyata hasilnya nihil, koil sayapun
menjadi
panas juga.
Lanjut
lagi belum ketemu………..
Saya
lama termenung
dan berdiam diri, apakah gerangan yang
membuat koil panas dan
motor ga
da apinya. Kemudian
saya
memberanikan diri untuk mencobanya dengan ECU
motor saya,
Beat FI juga (sudah
ESP juga tapi belum ada panel ECOnya),
dan
hasilnya motor
langsung nyala,
ternyata ECUnya
yang
sudah
konslet
(harus
diganti).
Itulah
penyebab
motor tidak
ada pengapiannya.
Akhirnya
saya beli toko
sparepart
dan bertanya apakah stock ECU
yang
saya
maksud (Beat
FI yang sudah ESP dan ada panel ECOnya) ada?,
ternyata ECU
yang
saya
maksud harus
tunggu berbulan-bulan.
Lalu saya
berpikir bagaimana
kalo
pakai ECU
seperti
motor beat saya,
memang beda
fitur dan beda kode part nya tapi
dicolokan sama,
dan ternyata pas
ada stok seharga 1,4
juta. Kemudian
saya
konfirmasi dengan
yang
punya
motor, lalu dia pun menyutujuinya dan
barang pun saya
beli, setelah
dipasang, motor bisa hidup, hanya saja kelemahanya ECO tidak nyala,
mungkin karena beda kode dan fiturnya, tapi toh disetujuai
pemiliknya, daripada nunggu berbulan bulan sparepartnya. Idealnya
tetap ganti yang orisinil yang sesuai dengan kodepartnya.
Referensi
:
Kasus
motor yang perbaiki di bengkel Alfiansyah Cengkareng dekat bandara
Soetta, masuk ke redaksi Auto Champion, artikel sudah dimodif untuk
penyelarasan.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion