Knocking/nglitik motor injeksi Honda vario 125
Knocking/nglitik motor injeksi Honda vario
125
Satu kasus lagi kami
hadirkan terkait trouble shooting dan perbaikan knocking Honda vario 125
injeksi. Benarlah orang yang mengatakan, “perencanaan
teoritis semata, tidak akan bermanfaat jika tanpa aplikasi prakteknya”. Silakan
simak pengalaman langsung praktis dari bengkel Wahyu motor dengan mekanik sekaligus pengelola, Agus Wahyudi,
sengaja kita kutip teks orisinilnya dengan penyelarasan editing, beliaunya
hubungi saya untuk dishare dengan harapan agar lebih bermanfaat.
Ini teks email sudah diedit
untuk penyelarasan penyampaian………
Problem
Kebanyakan motor Honda vario 125
injection pada mesinya seperti terdengar suara knocking. Sebenarnya sudah lama kasus tersebut dikeluhkan oleh
pelanggan kami, tapi mereka enggan untuk melakukan perbaikan alasanya mereka
sudah komplain dealer resmi/bengkel resmi, tapi jawabanya yang mereka terima
terkesan menakut-nakuti pelanggan yang katanya harus ganti inilah itulah dengan
total biaya sekian ratus ribu. Bengkel resmi tersebut kayaknya enggan melakukan
perbaikan yang bersifat komplain.
Solusi
Karena sudah tidak tahan dengan suara
tersebut, pelanggan tersebut membawa motornya ke bengkel kami (Agus Wahyudi/Wahyu
Motor). Kami mencoba untuk menganalisa masalah tersebut. Suara knocking timbul
pada saat stationer dan pada saat gas diplintir pada saat mau jalan. Kadang
posisi jalan dengan kecepatan rendah sampai sedang terdengar suara knocking,
suaranya persis kaya mesin mobil yang penyalaanya terlalu maju.
Setelah kami analisa, suara tersebut
bersumber pada ruang CVT kemudian kami bongkar rumah roller/weight, kemudian
kami cek ternyata rumah roller/weight dan busingnya agak sedikit oblak, kemudian
kami ganti rumah roller(weight) dan busingnya, lalu kami pasang, ternyata masih
bunyi juga, kemudian kami bongkar kembali, kami mencoba analisa roller/weightnya,
kondisi roller/weight masih bagus, tidak pelos.
Jika diamati, ternyata roller/weightnya Honda
vario diameternya dan besarnya hampir sama dengan punya Suzuki spin, kemudian
kami coba subtitusi roller/weight Suzuki spin dan kami pasang pada rumah
roller/weight Honda vario 125 injection ternyata hasilnya memuaskan, bunyi
knocking hilang sama sekali, tarikan lebih ringan soalnya bobot roller Suzuki spin
lebih ringan dibandingkan dengan punya vario 125 injeksi. Sebagai tambahan,
roller/weight Suzuki spin 15 gram dan berat roller/weight Honda vario 18 gram.
dibawah ini gambar pendukungnya
Sekian, Itulah pengalaman langsung
dari mas Agus wahyudi, ditulis, ditrouble shooting dan diperbaiki dengan gaya bebas dan lepas.
Agar lebih paham tentang suara nglitik ato detonasi di motor dan penyebabnya, baca artikel ini "pembakaran normal dan tidak normal"
Agar lebih paham tentang suara nglitik ato detonasi di motor dan penyebabnya, baca artikel ini "pembakaran normal dan tidak normal"
Terima kasih
Dadang Auto Champion