Honda CBR 250 mati mendadak
Honda CBR 250 mati mendadak
Mekanik motor yang
punya naluri kuat untuk menyelesaikan problem sepeda motor, tetap bisa
menemukan kerusakan dan memperbaikinya meski alat bantu semisal scanner injeksi
tidak bisa menunjukkan kerusakan karena kondisi di luar dugaan saat di
lapangan. Ya, pake logika dan rasa juga sekaligus trial and error. Simak saja upayanya saat tangani problem motor CBR
250 injeksi.
Ini di kirim ke email saya
oleh Agus Wahyudi dengan sedikit editing dan penyelarasan bahasa.
Problem
Honda CBR 250 injeksi tiba-tiba mesin
mati, posisi kunci kontak on, MIL (mail Indikator lamp/lampu indikator
kerusakan) tidak nyala. Kunci kontak dikembalikan ke posisi off kemudian di
onkan lagi, tanda MILnya tetap tidak mau nyala. Tapi sebagian sistem
kelistrikan tetap bewrfungsi dengan semestinya.
Solusi
Saya sambungkan scanner ke DLC lalu
kunci kontak saya onkan lagi, scanner juga tidak nyala. Kemudian semua sistem
kelistrikan yang mengarah ke sistem injeksi saya cek mulai dari aki, sekring,
kunci kontak dampai dengan soket ECU smua gak ada masalah, terpaksa saya
bongkar semua cover body dan tangkinya sekalian diservis kata pemiliknya.
Sebelum diservis, saya cari dulu
penyebab sistem injeksi yang tidak jalan, semua soket yang ada dibawah tangki
saya periksa satu persatu sekalian saya bersihkan pake contac cleaner, ternyata
ada soket warna merah yang kurang nancep, soket tersebut ternyata menuju
ke semua sistem kelistrikan. Setelah itu tangki saya pasang Alhamdulillah bisa
hidup (pada saat lampu MIL tidak nyala, sistem starter juga tidak berfungsi).
Referensi :
Kasus di bengkel Wahyu motor
pemiliknya Agus wahyudi, tentang bengkelnya bisa dibuka di bengkel melayani injeksi.
Terima kasih
Dadang Auto Champion