Kelistrikan full wave dan half wave
Kelistrikan full wave dan half wave
Mekanik sepeda motor sangat perlu mengetahui 2 tipe skema
kelistrikan ini. Selain untuk tujuan perbaikan, untuk melakukan penambahan
lampu atau asesoris lainya yang menyerap listrik dari aki dan spul agar tidak
sembarangan. Selain itu untuk melakukan perubahan kelistrikan half wave menuju
full wave juga jangan latah, atau sekedar ikut-ikutan trend. Perhatikan unsur
fungsional dan safetynya. Karena jika tidak paham justru bisa merusak atau
setidaknya membuat aki tekor, pada sistem pengapian ada yang jika akinya drop
motor tidak bisa dinyalakan, semisal Mio J drop akinya karena terserap modif
lampu. Ini artikelnya, Mio injeksi matimendadak.
Gambar 1
gambar 2
Oleh karena itu kenali
karakteristiknya dan pahami perbedaan ciri kelistrikan full wave dan half wave.
Kelistrikan full wave
|
Kelistrikan half wave
|
Gambar 1
|
Gambar 2
|
Kelistrikan mengandalkan
aki keseluruhan atau full DC
|
Kelistrikan mengandalkan
aki dan spul
|
Lampu utama atau senja
mengambil dari aki
|
Lampu utama dan senja
mengambil dari spull
|
Exploitasi kelistrikan
dengan penambahan lampu dan asesoris yang menyerap listrik akan mempengaruhi sistem
pengisian.
|
Sama saja
|
Vixion, Tiger dll
|
Grand, Mioj, vario
techno110
|
Referensi gambar :
Motor plus edisi 814.XV.01-7 oktober 2014, rubrik mototech
Terima kasih
Dadang Auto Champion