Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kelistrikan full wave dan half wave



Kelistrikan full wave dan half wave

            Mekanik sepeda motor sangat perlu mengetahui 2 tipe skema kelistrikan ini. Selain untuk tujuan perbaikan, untuk melakukan penambahan lampu atau asesoris lainya yang menyerap listrik dari aki dan spul agar tidak sembarangan. Selain itu untuk melakukan perubahan kelistrikan half wave menuju full wave juga jangan latah, atau sekedar ikut-ikutan trend. Perhatikan unsur fungsional dan safetynya. Karena jika tidak paham justru bisa merusak atau setidaknya membuat aki tekor, pada sistem pengapian ada yang jika akinya drop motor tidak bisa dinyalakan, semisal Mio J drop akinya karena terserap modif lampu. Ini artikelnya, Mio injeksi matimendadak.

kelistrikan full wave
 Gambar 1

kelistrikan half wave
 gambar 2

Oleh karena itu kenali karakteristiknya dan pahami perbedaan ciri kelistrikan full wave dan half wave.
Kelistrikan full wave
Kelistrikan half wave
Gambar 1
Gambar 2
Kelistrikan mengandalkan aki keseluruhan atau full DC
Kelistrikan mengandalkan aki dan spul  
Lampu utama atau senja mengambil dari aki
Lampu utama dan senja mengambil dari spull
Exploitasi kelistrikan dengan penambahan lampu dan asesoris yang menyerap listrik akan mempengaruhi sistem pengisian.
Sama saja
Vixion, Tiger dll
Grand, Mioj, vario techno110

Referensi gambar :
Motor plus edisi 814.XV.01-7 oktober 2014, rubrik mototech

Terima kasih

Dadang Auto Champion