Drat dan baut dol/slek, recoil solusinya
Drat dan baut dol/slek, recoil solusinya
Dunia otomotif terkhusus bengkel sepeda motor, tidak akan
lepas dengan yang yang namanya baut selek atau dol. Jika tidak diatasi, bisa
terjadi kebocoran dan bisa mengganggu sistem kerja mesin, karena bautnya tidak
bisa mengikat antar sambungan. Saat ini perbaikan yang mudah adalah dengan melakukan
recoil. Apa itu recoil?, yaitu mengisi lubang yang selek atau dol tadi dengan
per berbahan baja, itu digunakan sebagai alur bautnya. Sehingga jika baut 10
dol tidak perlu dirubah jadi 11 atau 12. Tapi tetap bisa dipasang baut 10
dengan cara recoil.
Untuk di bengkel sepeda motor yang biasa kami temui
adalah dol atau seleknya lubang busi, tap-tapan oli dan sambungan antar blok
mesin. Recoil mudah dilakukan karena alatnya juga tersedia di pasaran. Ada paketan
komplit, ataupun pilih ukuran baut tertetu saja yang sering dol. Biaya recoil beragam,
sebagai contoh untuk recoil lubang busi sekitar 50 ribu. Agar tidak penasaran
silakan lihat ini prosesnya…..
Paket alat yang dipakai untuk ukuran M10x1.25
tahap 1
Tahap 2
Tahap 3
tahap 4
finish (lubang baut tengah)
Referensi gambar:
Terima kasih
Dadang Auto Champion