Cara mengecek busi injeksi, agar safety
Cara mengecek busi injeksi, agar safety
Mengecek busi motor sistem injeksi berbeda dengan kita
mengecek motor sistem karbu. karena pada saat kita nyater atau ngengkol, injector
masih memungkinkan menyemprotkan bahan bakarnya keruang bakar, apalagi
tekananya tinggi. Sehingga jika bahan bakar yang disemprotkan tadi tersambar
oleh api di busi bisa menyebabkan
kebakaran.
Trus bagaimana caranya?
- Dilakukan dengan alat FIDT (Fuel Injection Diagnostic Tool) alat untuk mendiganosa kerusakan injeksi untuk motor Yamaha ini dilengkapi dengan pengecekan actuator, salah satunya pengecekan ignition coil (koil pengapian), dan tentu saja itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek busi dengan kondisi aman tanpa menyetarter atau mengengkol mesin. Meski alat Cina dan bukan dari bengkel resmi Yamaha tapi alat ini fungsional.
Caranya
sama tinggal busi dilepas dan dimasukkan cop-copan busi, kemudian hidupkan actuator,
maka akan terpercik busi secara periodic tanpa mengengkol atau menyetarter
mesin. buka artikel Cara menggunakan FIDT.
- Jika tidak punya alat, misal anda di jalan mengalami macet ingin mengecek busi, bawa busi serep sekedar untuk menutup, satunya ditutupkan di ruang busi yang dilepas, dan busi yang dilepas dicopkan di cop-copan busi dan distart atau di engkol untuk mengecek kualitas percikan businya. Tapi baguse serep busi masih bagus jadi kalo memang businya rusak kan bisa langsung untuk ganti.
- Lepas kabel sensor injector, tapi tentunya ini ketika semua kover/tebeng pas kondisi sudah terbuka. tujuanya agar injector tidak nyemprot saat busi dicek agar lebih aman.
Ini tips ringan hari ini,
silakan pilih yang termudah, semoga bisa bermanfaat dan pastikan keamanan kerja menjadi prioritas bagi
mekanik sepeda motor.
Terima kasih
Dadang Auto Champion.