Servis motor injeksi
Servis
motor injeksi
Memang ada perbedaan antara servis motor
injeksi dan motor karbu,untuk motor
karbu, standarnya ada sekitar 20 alokasi servis ringan. Bagaimana dengan
motor injeksi, kita berikan contoh saja untuk servis di bagian sistem
injeksinya di bawah ini.
Motor Honda
Kita ambil contoh Honda supra 125
sistem injeksi PGM-FI. Untuk servis injeksi membutuhkan alat yang bernama HIDS (Honda Injection Diagnostic system)
karena motor tersebut bermerek Honda, dengan alat tersebut kita bisa
mengetahui detail kondisi sistem injeksi, trouble shooting kerusakan dan
mengecek kenormalan sensor-sensornya, ataupun mengetahui standar tegangan
masing masing sensor. Semua ada parameter standar di buku manual untuk
pengecekan. Kita tinggal copkan di DLC (Data Link Conector) dan langsung
dibaca, khusus supra letaknya dibagian tebeng depan dekat plat nomor.
Stel RPM
Untuk
motor Honda standar rpm masing – masing tipe motor Honda berbeda-beda, bisa
disetel dan disesuaikan dengan buku manua HIDS (Honda Injection Diagnostic
System). Angka penyetelan rpm juga akan muncul di alat HIDS dan sudah ada
standarnya di buku manual.
Bersihkan cop-copan (soket sambungan)
Pastikan
bersihkan cop-copan tiap tiap sensor boleh disemprot dengan pembersih, agar
kinerja sensor optimal.
Stel mode on sesuai daerah
Supra
yang awal (tahun 2006) setahu saya belum ada penyetelan mode, tapi motor Honda
yang baru sudah bisa diterapkan. Jika ingin pindah tempat dengan ketinggian
dpla (diatas permukaan air laut) yang berbeda, maka anda bisa stel modenya
dengan cara stel mode on injeksi Honda.
Motor Yamaha
Adapun untuk servis ringan sistem
injeksi merek Yamaha kita ambil contoh Mio J yang sudah berbasis sistem
injeksi, kita membutuhkan alat FIDT (fuel Injection Diagnostic Tool). Namun
sayang alat Yamaha ini tidak dijual untuk bengkel umum, hanya khusus dealer
Yamaha saja. sehingga bengkel umum untuk bisa mendapatkan FIDT bisanya merek cina,
namun tidak masalah yang penting tetap fungsional, ibarat HP non cina tidak
ada, Ya beli HP cina. Dengan alat ini bisa diketahui kode kerusakan dan
kerusakan sensornya langsung tertera disitu juga, semua ada di buku manual, alat ini bisa untuk menyetel CO walaupun
merek cina.
Stel kadar CO saat diperlukan
Dengan
alat ini kita bisa menyetel kadar CO (karbon monoksida), rentang penyetelanya
-30 sampai 30, namun pastikan harus sesuai standar euro 3 saat ini. Bisa dirubah
untuk kebutuhan tertentu dan daerah tertentu.
RPM tidak perlu disetel karena otomatis.
Untuk
stelan rpm untuk mio J tidak perlu disetel karena sudah ada ISC atau Idle speed control.
Bersihkan cop-copan (sambungan soket)
Sekalian
servis ringan dimanfaatkan juga untuk mengecek kondisis cop-copan tiap sensor
dan membersihkannya agar kerja sensor optimal.
Dengan alat injeksi motor dan
pengetahuan yang memadai tentang teknologi injeksi, pekerjaan servis ringan
motor injeksi adan mudah untuk dilakukan, dan berdasarkan survey bisa lebih
cepat dari pada servis motor sistem karburator.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion