KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis motor, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi motor, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas kursus mekanik lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Center (Google Map/Arah dipandu Google Map) yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

"UNGGUL DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TINGGI (HITECH) DIANTARANYA SCANNER INJEKSI MOTOR ALL BRAND (SCANNTOOL MENDUNIA)" (KLIK SINI)

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

  1. Testimoni (komentar) tentang kursus
  2. Brosur kursus mekanik motor klik disini
  3. Brosur Pelatihan Scanner Moge, Scann Bisa All Brand (Semua Merek)
  4. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja
  5. Objek Training
  6. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling), overhaul Mio J harga promo dan mudah dipesan)
  7. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)
  8. Transportasi menuju Jogja atau (Otomatis dipandu Google Map)
  9. Foto bengkel alumni
  10. Bursa Kerja Auto Champion
  11. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda dan Motor yamaha
  12. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :

  1. Sistem belajar jarak jauh bagi yang sibuk atau belum bisa datang langsung.
  2. Unggul dengan scanner injeksi Hitech (brand Mendunia) dan Update Teknologi.
  3. Nara sumber di lembaga kapal pesiar LP2K Sun Marino Indonesia, Materi "Kewirausahaan Tentang Mekanik Motor" 19 Maret 2016
  4. Juara Lomba instruktur otomotif dalam rangka Jambore PTK PNF Tingkat Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2014
  5. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur2013.
  6. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009
  7. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
  8. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  9. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
  10. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009.
  11. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
  12. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
  13. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
  14. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
  15. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
  16. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja) hanya 1x tayang.
  17. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
  18. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!.

Terakhir, Semoga upaya ini termasuk Penyebaran ilmu yang semoga bermanfaat dimanapun kita berada!.

wassalamualaikum

Official dan direktur auto champion

( Dadang )

6 November 2012

Oversize, verbosh dan non oversize



Oversize, verbosh dan non oversize


oversize, no oversize dan verbosh

Reconditioning/overhaul atau atau turun mesin sepeda motor, tidak akan lepas dengan yang namanya pekerjaan permesinan yang dinamakan dengan oversize dan verbosh. Keduanya dilakukan karena kondisi liner atau buring pada blok silinder (cylinder block) sudah tidak rapat lagi atau terluka. Bisa karena memang umur sudah saatnya diperbaiki, atau karena pola pemakaian orang yang berbeda-beda sehingga batas kerusakan pun berbeda-beda.
Tanda kerusakanya mudah dikenali, biasanya asap putih tebal lewat kenalpot motor 4 tak, karena oli merembes keruang bakar dan terbakar saat langkah pembakaran, power drop, busi cepat rusak, terjadi detonasi maupun pre ignition dan gejala buruk lainnya. Hal ini biasanya bersamaan dengan rusaknya seker/piston dan ring seker/piston.
Oversize
Oversize adalah memperbesar liner/buring dengan tujuan agar boring dengan tujuan liner/buring lebih rapat dan lebih halus lagi. Caranya dengan mengkolter dan memperbesar diameter liner atau buring dengan mesin bubut/kolter. Ada beberapa kriteria oversize, diantaranya 25, 50,75,100. 

Tabel ukuran overzise

Oversize
Ukuran pembesaran
25
0,25mm
50
0,50mm
75
0,75mm
100
1,00mm atau 1 mm

Adapun yang menentukan besarnya oversize adalah tukang bubut berdasar tingkat kerusakannya. Misal sepeda motor yang mengalami luka parah pada liner/buringnya bisa jadi pertama kali oversize langsung 100, kemudian setelah mengetahui hasil oversize tadi, baru kita beli seker/piston ukuran 100 begitu pula ring seker/piston ukuran 100.
Verbosh
Verbosh adalah mengganti liner, boring sehingga ukuranya menjadi standar lagi, istilah popular lainya ngesok. Hal tersebut dilakukan karena ukuran oversize sudah mentok 100 atau ada tujuan lain agar mesin tidak getar, meski terkadang masih bisa overzise 50, tapi langsung diverbosh agar standar lagi, ini berdasar pengalaman bahwa efek samping oversize salah satunya adalah getaran mesin lebih besar.
 Pekerjaan oversize dan verbosh lebih murah dilakukan daripada beli blok silinder baru yang lebih mahal, tergantung merek motornya. Soal selisih harga, apabila beli blok baru bisa sampai 1 juta lebih adapun verbosh/ ngesok ke tukang bubut, harga terakhir Rp.60.000 sudah standar lagi. Adapun oversize harga terakhir Rp 20.000. Soal keawetan tentu beda. Ini merupakan opsi bagi konsumen yang sebaiknya dijelaskan.
Non overzise
Non oversize tidak melibatkan proses permesinan atau ke tukang bubut karena apabila silinder blok dan piston maupun ring piston sudah tidak rapat lagi atau rusak, maka penggantianya harus 1 paket sekaligus yaitu diganti blok silinder sekaligus piston dan ringnya. Seperti pada motor Kawasaki ninja, Yamaha vixion, Yamaha  Jupiter MX dan kecenderungan motor-motor terbaru lainya, sehingga lebih memudahkan tanpa perlu lagi ke tukang bubut tapi langsung plug and play.

Terima kasih 
Dadang Auto Champion