Oversize, verbosh dan non oversize
Oversize, verbosh dan
non oversize
Reconditioning/overhaul
atau atau turun mesin sepeda motor, tidak akan lepas dengan yang namanya
pekerjaan permesinan yang dinamakan dengan oversize
dan verbosh. Keduanya dilakukan
karena kondisi liner atau buring
pada blok silinder (cylinder block)
sudah tidak rapat lagi atau terluka. Bisa karena memang umur sudah saatnya
diperbaiki, atau karena pola pemakaian orang yang berbeda-beda sehingga batas
kerusakan pun berbeda-beda.
Tanda kerusakanya mudah dikenali, biasanya asap putih tebal lewat
kenalpot motor 4 tak, karena oli merembes keruang bakar dan terbakar saat
langkah pembakaran, power drop, busi cepat rusak, terjadi detonasi maupun pre ignition dan gejala
buruk lainnya. Hal ini biasanya bersamaan dengan rusaknya seker/piston dan ring
seker/piston.
Oversize
Oversize adalah memperbesar liner/buring dengan
tujuan agar boring dengan tujuan liner/buring lebih rapat dan lebih halus lagi.
Caranya dengan mengkolter dan memperbesar diameter liner atau buring dengan mesin bubut/kolter. Ada beberapa kriteria
oversize, diantaranya 25, 50,75,100.
Tabel ukuran overzise
Oversize
|
Ukuran
pembesaran
|
25
|
0,25mm
|
50
|
0,50mm
|
75
|
0,75mm
|
100
|
1,00mm atau 1 mm
|
Adapun yang menentukan besarnya oversize adalah tukang bubut berdasar tingkat kerusakannya. Misal sepeda motor yang mengalami luka parah pada liner/buringnya bisa jadi pertama kali oversize langsung 100, kemudian setelah mengetahui hasil oversize tadi, baru kita beli seker/piston ukuran 100 begitu pula ring seker/piston ukuran 100.
Verbosh
Verbosh adalah mengganti liner, boring
sehingga ukuranya menjadi standar lagi, istilah popular lainya ngesok.
Hal tersebut dilakukan karena ukuran oversize
sudah mentok 100 atau ada tujuan lain agar mesin tidak getar, meski terkadang
masih bisa overzise 50, tapi langsung diverbosh
agar standar lagi, ini berdasar pengalaman bahwa efek samping oversize salah
satunya adalah getaran mesin lebih besar.
Pekerjaan
oversize dan verbosh lebih murah
dilakukan daripada beli blok silinder baru yang lebih mahal, tergantung merek
motornya. Soal selisih harga, apabila beli blok baru bisa sampai 1 juta lebih
adapun verbosh/ ngesok ke tukang
bubut, harga terakhir Rp.60.000 sudah standar lagi. Adapun oversize harga terakhir Rp 20.000. Soal keawetan tentu beda. Ini merupakan
opsi bagi konsumen yang sebaiknya dijelaskan.
Non
overzise
Non
oversize tidak
melibatkan proses permesinan atau ke tukang bubut karena apabila silinder blok
dan piston maupun ring piston sudah tidak rapat lagi atau rusak, maka
penggantianya harus 1 paket sekaligus yaitu diganti blok silinder sekaligus
piston dan ringnya. Seperti pada motor Kawasaki
ninja, Yamaha vixion, Yamaha Jupiter MX dan kecenderungan motor-motor
terbaru lainya, sehingga lebih memudahkan tanpa perlu lagi ke tukang bubut tapi
langsung plug and play.
Anda Bisa Klik Subcribe Channel Kami Di Atas Untuk Update Video Tips Trik Terapan
Terima kasih
Dadang
Auto Champion