Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perlindungan Konsumen Kursus Mekanik Motor


Memberikan perlindungan konsumen (prinsip memilih tempat kursus )

perlindungan konsumen
ilustrasi perlindungan konsumen 

            Agar terhindar dari kekecewaan, permainan retorika terhadap konsumen, tertipu gebyar tampak luar, korban marketing, dan salah pilih lembaga yang tidak punya prestasi, perlu hati-hati dalam memilih tempat kursus mekanik motor, karena ada beberapa panduan ataupun prinsip penting dalam memilih pendidikan kursus mekanik sepeda motor.   
          Semua itu sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen atas kemerdekaan hak mereka mendapatkan informasi yang akurat untuk mendapatkan skill ataupun pendidikan yang berkualitas dan berdayaguna, serta bisa dipertanggung jawabkan hasilnya. Selain itu sebagai wujud dukungan bagi konsumen cerdas di seluruh indonesia. Diantaranya :

1. Prestasi lembaga.
Lembaga tersebut memiliki prestasi dan inovasi, baik di kota lembaga tersebut berada, maupun di tingkat nasional. Sebuah omong kosong, malamnya bagaikan siangnya, lembaga yang tidak punya prestasi dan inovasi mengklaim berkualitas.

2. Tingkat pendidikan instruktur, prestasi dan komitmen dibidang ilmu terapan.
Pastikan memiliki sertifikat resmi pengajaran (bukan ilegal asal ngajar yang bisa kena masalah hukum, tapi punya otoritas dengan sertifikat resmi boleh mengajar) dan sudah punya track record hasil didikanya. Itu akan mempengaruhi arah dan hasil pendidikan, visi tentang pengajaran juga akan lebih luas. Pastikan juga instruktur sudah punya prestasi tingkat propinsi ataupun nasional. Bukan sekedar asal ngajar, sok-sokantanpa pendidikan dan pengalaman dibidang pengajaran dan ilmu terapan.

3. Memiliki alumni yang sudah terbukti.
Ada bukti hasil pendidikan, secara dokumen dan realitanya.

4. Testimoni yang jelas dan informasi dari para pengguna jasa sebelumnya.

5. Terdaftar dalam Nomor Induk Lembaga tingkat nasional

6. Terakreditasi dari lembaga yang terpercaya

7. Sudah mengikuti tes penilaian kinerja lembaga

8. Ada hasil karya setidaknya buku, atau sumbangsih baik di dunia maya maupun dunia nyata.
ini salah satunya. Kitab Induk Trouble Shoting sepeda motor dan DVD ovehaul (turun mesin) pilihan.

9. Tidak sekedar pencitraan,gebyar semata ataupun pengorbitan sesaat, tapi apa adanya saja.

10. Memiliki basis pendukung baik di dunia nyata maupun dunia maya (jejaring sosial).
Pendukung dunia maya, Fanpage 1 dan panpage 2

11. Bisa ajarkan trik saat kondisi terbatas, jika kondisi komplit dan full fasilitas it’s no problem pasti lebih bisa.
Sedikit ilustrasi, seorang Jendral besar, AH Nasution ahli perang gerilya, yang sekarang bukunya (Fundamentals of Gerilla Warfare) masih dipelajari di west point Amerika Serikat. Taktik perangnya teruji dan berhasil diterapkan melawan pasukan dengan kekuatan yang lebih besar dan memiliki fasilitas dan kelengkapan yang jauh lebih besar. Namun justru berangkat dari keterbatasan, ya keterbatasan alat dan perlengkapan perang membuatnya menjadi besar dan tetap bisa meraih kesuksesan, sehingga tergali semua potensi pada dirinya untuk menjadi pemenang (The Champion).

12. Memperlakukan manusia sebagai Human ( manusia seutuhnya), yang memiliki, perasaan harga diri dan harapan, bukan sebagai robot atau sekedar target marketing.

13. Mes gratis?. dipertanyakan lagi, apakah layak atau nanti siswa ditampung ditempat yang kaya gudang dan tidak nyaman untuk tidur, makan dan belajar, sehingga siswa bosan akhirnya pulang karena tidak tahan. Kalo yang seperti ini artinya jebakan.Pastikan!
Kalo gitu caranya mending cari lembaga yang ada kos disekitar pendidikan walau ada tambahan biaya tapi nyaman. Seperti yang ada di Auto Champion.

14.Web Memiliki Pagerank 3. Situs www.auto-champion.com atau www.auto-champion.blogspot.com sejauh yang saya ketahui memiliki pagerank tertinggi dibandingkan web lembaga kursus sepeda motor yang lain di Indonesia. Artinya dikatakan web ini memiliki informasi yang baik, dan mayoritas situs berkualitas berada pada rentang ini. Dan erat kaitanya dengan kepercayaan (trust) dan authority (otoritas) sebuah website. pastikan dicek dan kita yang tertinggi dibanding lembaga kursus mekanik motor tempat lain insyaallah. ini linknya cek pagerank. Silakan badingkan dengan lembaga lain.
   
cek pagerank
 pagerank berkisar 1-10, di Indonesia web dengan pagerank 3 diperhitungkan.
 

15. Kita juga memiliki www.auto-champion.co.id, akhiran domain co.id ini dengan persayaratan yang ketat, semisal kartu identitas, NPWP, Siup, Akta Notaris dan legalitas lainya yang terverifikasi, selain itu akan lebih aman karena terdaftar di Kemeninfo. Web Kursus Mekanik dan injection tools.


Dua Catatan penting

Jangan terjebak promo belajar sampai bisa.
Pastikan juga maksudnya gimana?. Saya khawatir pendidikan tersebut tidak punya target, kalo bisanya 3 tahun gimana?, waktu dan amunisi anda sudah habis duluan karena tidak tertarget, akhirnya anda bosan sendiri dan pulang. Pastikan pendidikan yang tertarget, Ringkas efisien, terapan, unggul, dan lembaga punya target masa pendidikan dan bisa memaksa siswa untuk bisa karena punya metode yang baik.

Jangan terjebak iklan 1 siswa 1 motor 1 instruktur, apa lembaga itu tidak rugi?. Tapi bila memang demikian pastikan dulu dan tanyakan secara mendetail kebenaranya.
Selidiki apa benar demikian, atau justru sistem antrean agar seolah olah 1 siswa 1 motor 1 instruktur, atau trik marketing yang menyesatkan. Pastikan cari lembaga yang realistis yang penting hasil pendidikannya signifikan dan terukur tidak mengebom iklan dan pastikan memiliki informasi yang akurat.


Dan lain-lain yang bisa anda gali sendiri, sebagai konsumen cerdas.

Semua prinsip penting di atas sudah dipenuhi Auto Champion sebagai bentuk perwujudan tanggung jawab, amanah ilmiah dan legalitas formal serta portofolio dengan semboyan keras sambil berteriak "berani lempar batu tidak sembunyikan tangan". semoga bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara dan terpenting agama. amiin, amiin amiin.

Terima kasih


Dadang Auto Champion